Pemprov Siapkan Bantuan Alat Olahraga Panahan Untuk SMA Se Sulbar

Berita Terbaru Berita Utama Mamuju Olahraga Pendidikan Sulawesi Barat

atlet-panahan-333ikhwa6kyyi8lly6ajnuMapos, Mamuju – Pemprov Sulbar akan memberikan bantuan alat panahan untuk siswa SMA se Sulbar pada tahun 2018 nanti. Ini dilakukan dalam rangka membudayakan olahraga panahan pada pelajar dalam program meningkatkan pendidikan karakter siswa.

Kasubag Perencanaan dan Pelaporan Diknas Sulbar Mahyuddin, menyebutkan, program ini sudah masuk dalam draft APBD 2018. Dan nama program tersebut adalah Bantuan Operasional Manajemen Mutu (BOMM).

“Ini program nasional dan tinggal diaplikasikan di daerah. Untuk total anggaran, masih menunggu hasil pengesahan APBD 2018. Jangan sampai ada perubahan,” tutur Mahyuddin, Rabu (22/11/2017).

Sekretaris Diknas Sulbar Suardi Mappeabang, mengatakan, program ini bekerjasama dengan Persatuan Panahan Indonesia (Perpani) Sulawesi Barat. Saat ini pihaknya sedang mendata sekolah-sekolah yang layak mendapat bantuan.

“Untuk menentukan jenis alat dan pembinaan selanjutnya tentu saja kami serahkan ke Pengprov Perpani Sulbar,” katanya.

Pada tanggal 27 November 2017, lanjut Suardi, akan diadakan sosialisasi olahraga panahan ke guru-guru se Sulbar. Bertepatan dengan hari guru nasional ke-72.

Sekprov Sulbar Ismail Zainuddin, mengaku, program ini sudah dibicarakan dengan matang. Tujuan bantuan ini dalam rangka meningkatkan karakter siswa.

“Sekaligus memasyarakatkan olahraga panahan di Sulbar. Ada ratusan alat yang akan dibagikan ke sekolah-sekolah. Pilihan panahan ini tidak tendensius. Dalam panahan, pemanah dilatih untuk tenang dan fokus. Banyak filosofinya di panahan,” kata Ketua Pengprov Perpani Sulbar ini.

Rencananya alat panahan yang akan bagikan adalah jenis standarbow. Selain murah, standarbow pun lebih ringan dan dipakai untuk latihan dasar para atlet panahan.

“Alat ini juga dipertandingkan di tingkat nasional. Jadi program ini bisa menjadi ajang pembibitan dan regenerasi atlet panahan Sulbar,” kuncinya.

(maman)

loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.