Pemkab Majene Gandeng Baznas Salurkan Zakat

Majene

Mapos, Majene – Dewasa ini bantuan bukan hanya berasal dari pemerintah, bahkan bantuan bisa saja bersumber dari hasil zakat yang dikelola oleh Badan Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Majene.

Hal ini dikatakan Bupati Majene Fahmi Massiara melalui Kasubag Protokoler Sekretariat Daerah Kabupaten Majene Sufyan Ilbas saat melakukan pendistribusian dan pendayagunaan zakat, infaq serta sedekah bersama Baznas Majene di Pendopo Rumah Jabatan Bupati Majene Sabtu (9/6/2018).

Bupati Fahmi Massiara berharap, kata Sufyan Ilbas kedepannya nanti akan makin banyak warga perorangan yang mau menyalurkn zakatnya ke Baznas, sehingga akan banyak yang bisa disalurkn ke masyarakat yang membutuhkan.

“Harapan saya bantuan ini dapat digunakan untuk jadi modal usaha. Jangan gunakan untuk hal yang konsumtif,” harap Fahmi Massiara seperti ditirukan Sufyan.

Ia menyebut, sudah banyak jenis bantuan yang telah digelorakan oleh pemerintah, salah satunya adalah melalui Baznas.

Sementara itu, Ketua MUI Sauqaddin Gani mengatakan bahwa sumber zakat, infaq dan sedekah yang dibagikan berasal dari infak PNS dan infak calon haji.

Ia merinci titik sasaran pembagian kepada Kelompk Usaha Bersama (Kube) dan Perorangan se Kabupaten Majene yaitu 7 masjid sebesar Rp2 juta, penyelesaian studi 15 orang S1 masing-masing Rp500 ribu, penyelesaian studi S2 masing-masing Rp750 ribu, TPA sebanyak 10 unit Rp1 juta, Sekolah / Madrasah 3 Rp2 juta, Pertanian 5 Rp2 juta, Perikanan /Nelayan 14 Rp2 juta, Salon 1 Rp1,5 juta, Pertukngan 22 Rp2 juta, Jual Jualan 136, Bengkel 7 Rp2 juta, Peternakan 2 Rp2 juta, Rehab Rumah 2 Rp5 juta, Warung Makan 7 Rp1,5 juta, Pabrik Minyak Rakyat 2 Rp1,5 juta, Lansia Kecamatan Tubo 285 orang Rp400 ribu dan Lansia Kecamatan Banggae 568 orang Rp300 ribu semua jumlah dihitung per orang atau satuan, sehingga total dana yang disalurkan Rp. 608.000.000,-.

“Diharapkan bantuan ini bisa dinikmati walau hanya kecil-kecilan saja,” tandas Fahmi.

(ipunk)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *