Pemdes Diminta Ikut Perhatikan Pembangunan Pendidikan

Mamuju

Mapos, Mamuju – Dewan Pendidikan Kabupaten Mamuju mendorong pemerintah desa (Pemdes) ikut memberikan perhatian pada pembangunan sektor pendidikan.

Hal ini terungkap saat roadshow Dewan Pendidikan Mamuju di Kecamatan Kalukku, Sabtu (7/4/2018).

Ketua Dewan Pendidikan Mamuju Hajrul Malik mengatakan pelibatan Pemdes sangat penting untuk mencapai target pembangunan sumber daya manusia dari sektor pendidikan.

“Sebab pembangunan pendidikan yang berkualitas tidak akan tercapai tanpa dukungan dari semua pihak. Disinilah penekanan kami,” kata Hajrul.

Menurut Hajrul pelibatan Pemdes dalam pembangunan pendidikan boleh dilakukan. Sebab sesuai aturan, penggunaan dana desa salah satunya boleh untuk pembangunan pendidikan hingga ke sekolah.

“Olehnya kedepan kami (Dewan Pendidikan, red) juga akan membangun komunikasi dengan pemerintah daerah serta OPD terkait. Targetnya agar aparat desa juga mengetahui kebijakan ini,” imbuh Hajrul.

Untuk diketahui, pada roadshow kali ini turut hadir Sekretaris Camat Kalukku Suyitno, Sekretaris Kantor Cabang Dinas (KCD) Kalukku Syahril, para pengawas sekolah, penilik, kepala SD dan SMP se Kecamatan Kalukku, serta komite sekolah.

Sekretaris Camat Kalukku mengatakan pihaknya memberikan dukungan atas upaya pelibatan Pemdes untuk pembangunan pendidikan. Pihaknya juga akan memberikan pemahaman kepada aparat desa atas hal tersebut.

“Bahkan kedepan kami tidak akan membuka musrenbang desa kalau tidak ada kepala sekolah serta komite sekolah yang hadir. Ini bentuk dukungan kami,” kata Suyitno.

Dengan cara ini, sambung Suyitno, diharapkan kedepan geliat pembangunan sektor pendidikan semakin membaik. Jika itu terwujud, pembangunan daerah dan bangsa juga akan semakin maju.

Dok. Mapos.com

“Karena inti pembangunan bangsa adalah SDM yang berkualitas. Itu bisa terwujud jika sektor pendidikan kita sudah berjalan maksimal,” tandas Suyitno.

(fitri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *