Oknum ‘Mafia’ Proyek Diduga Sebanyak Enam Orang

Mamuju

Mapos, Mamuju – Salah seorang rekanan, Ilham, menyebutkan bahwa oknum ‘mafia’ proyek di Pemprov diduga ada enam orang.

Menurutnya, peran dari masing-masing ‘mafia’ proyek sangat sistimatis. Semua paket pekerjaan di instansi Pemprov Sulbar menjadi terget mereka.

“Soal keberadaan ‘mafia’ proyek ini bukan rahasia lagi, tapi sudah menjadi konsumsi publik,” aku Ilham, Sabtu (01/09/2018)

Dia menyebut, keenam oknum itu ada yang ASN dan ada juga dari rekanan.

“Jadi perlu saya tegaskan bahwa dugaan adanya ‘mafia’ proyek itu memang ada dan mereka merajalela di Pemprov Sulbar,” katanya.

Kata Ilham, para ‘mafia’ proyek itu sering membawa nama Gubernur. Tapi sebenarnya Gubernur sendiri tidak tahu menahu soal ini.

“Gubernur tidak tau apa-apa. Saya menyaksikan sendiri, ada beberapa oknum rekanan dan oknum salah satu instansi menghadap Gubernur dengan membawa beberapa berkas perusahan. Setelah disodorkan, Gubernur sendiri mengingatkan dengan tegas untuk ikuti prosedur yang berlaku. Kalimat Gubernur itu diduga dipelintir agar mudah mendapatkan proyek,” tutur Ilham.

Selain itu juga, kata Ilham, oknum-oknum ini mengaku telah berjasa terhadap Gubernur. Dan sebagai imbalannya, mereka mengatur paket-paket pekerjaan.

Rata-rata para ‘mafia’ itu bermain di Pokja. Menurut Ilham, ULP hanya mengakomodir berkas kelayakan perusahan. Pokjalah yang penentu dan kemudian melaporkan hasilnya ke ULP.

“ULP itu hanya sekedar memeriksa berkas perusahan, penentunya adalah Pokja. Contah seperti di dinas PU. Oknum-oknun itu kemudian diduga mengatur agar mendapatkan untung sama-sama dengan istilah sebutan mereka ‘dua satu’ atau ‘tiga lima’,” ungkapnya.

“Saya ini mungkin jadi korban tidak dapat proyek. Mungkin karena saya tidak memberikan sesuai dengan permintaan mereka jadinya tidak dikasih proyek. Ataukah mungkin mereka takut dilaporkan bila saya memberikan,” imbuh Ilham.

Ia juga meminta kepada aparat penegak hukum agar persoalan ini segera diusut sampai tuntas.

Ilustrasi.

“Bila satu oknum sudah tertangkap, pasti yang lainnya akan bernyanyi,” kuncinya.

(Berita ini masih berlanjut dan akan diverifikasi selanjutnya).

(tim)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *