Mamasa 7 Kali Diguncang Gempabumi

Mamasa

Mapos, Mamasa – BMKG merilis, Kabupaten Mamasa, Sulbar mulai tanggal 3-4 November 2018, sudah tujuh kali diguncang gempabumi.

Data yang diterima dari BMKG, gempabumi pertama berkekuatan 4,7 magnitudo yakni pada tanggal 3 November 2018 pukul 09.30 WIB, kemudian gempabumi kedua berkekuatan 4,6 magnitudo pukul 12.04 WIB, gempabumi ketiga berkekuatan 4,9 pukul 15.44 WIB, gempabumi keempat berkekuatan 3,7 magnitudo pada pukul 16.09 WIB.

Dan pada tanggal 4 Nobember 2018 gempabumi kelima 4,6 magnitudo pada pukul 05.14 WIB, kemudian gempabumi keenam berkekuatan 3,2 magnitudo pada pukul 08.30 WIB dan gempabumi ketujuh berkekuatan 3,4 magnitudo pada pukul 13.08 WIB.

Kejadian tersebut, membuat sebagian warga disekitar gempabumi memilih bertahan diluar rumah. Mereka membangun tenda-tenda darurat dilokasi yang dianggap aman.

Menurut Plt. Kepala BBMKG Wilayah IV Makassar, Joharman mengatakan, ditinjau dari lokasi episentrum dan kedalaman sumber gempa penyebab gempa ini terjadi diperkirakan akibat aktifitas Sesar Saddang.

Joharman mengatakan, dari hasil pemodelan shakemap, getaran gempabumi diperkirakan dirasakan pada skala II MMI di Mamuju, III MMI di Tana Toraja, III-IV MMI di Mamasa dan daerah di sekitarnya yang berdekatan dengan lokasi sumber gempabumi.

“Dengan peristiwa gempabumi tersebut, masyarakat disekitar lokasi sumber gempabumi dihimbau tetap tenang dan tetap menunggu informasi dari BMKG,” tulis Joharman.

Dari informasi yang diterima, Senin, (5/11/2018), sebagian sekolah diliburkan.

Hingga berita ini diturunkan, belum adanya informasi mengenai kerusakan bangunan.

Ilustrasi

(Berita ini masih berlanjut dan akan diverifikasi selanjutnya).

(toni)

loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.