Lapas Sebar Foto Ratusan Tahanan Kabur dari Rutan Kelas IIA Palu

Hukum

Mapos, Palu – Sebanyak 118 tahanan kabur dari Rumah Tahanan Negara (Rutan) Klas II A Palu, Sulteng, pasca gempa dan tsunami serta kerusuhan pada pada Jumat (28/9/2018) lalu, masih belum tertangkap.

Dari informasi yang diterima, sisa tahanan sudah tertangkap dan ada yang kembali sendiri, sisanya masih dikejar sampai sekarang.

Pencarian ratusan tahanan itu sudah diperluas dengan melibatkan Polda dan TNI, seperti di Sulbar, Sulsel, Kalimantan dan provinsi lainnya. Dan diduga ada pula yang melarikan diri ke luar Indonesia, seperti Malaysia.

Foto dan data tahanan yang berhasil dikumpulkan Lapas Palu sebagiannya sudah disebar ke seluruh Polres yang ada di Palu dan Polda tetangga tersebut. Sementara foto dan data lengkap dari Rutan Kelas II A juga telah disebar.

Dari foto dan data itu merupakan pengumpulan Lapas Palu sendiri dan sudah disebar.

Menurut informasi dari Lapas Kelas II A Palu, menyebut, tahanan kabur itu diduga sudah berada di luar Palu, Sulteng, bahkan ke provinsi lainnya. Hal ini dilihat dari ditangkapnya seorang tahanan di Pinrang, Sulsel.

Menurutnya, pencarian dilakukan dengan melakukan razia di jalur lintas. Kepolisian juga mempersempit pelarian tahanan kabur dengan menjaga bandar udara, terminal, dan pelabuhan.

Ilustrasi.

Kepada orangtua jika anggota keluarganya kabur ke rumah, ia berharap segera menyerahkannya ke kepolisian terdekat. Kepolisian berjanji menjaga keamanan dan pengawalan hingga sampai ke rutan jika diserahkan.

“Kepada masyarakat juga diminta bantuannya supaya melaporkan kalau ada tahanan kabur ke lingkungannya,” katanya.

Berikut data tahanan DPO

DPO Lapas Palu 03112018

(toni)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

loading...