KPw BI Sulbar: Jurnalis Sebagai Corong Kebijakan

Sulawesi Barat

Mapos, Mamuju¬†–¬†Sebanyak 70 wartawan se Sulawesi Barat berkumpul untuk mengikuti pelatihan wartawan, di Mamuju. Dalam rangka menjalankan fungsi otoritas moneter, Bank Indonesia (BI) berharap kegiatan ini bisa menjadi penguat jurnalis sebagai corong kebijakan yang mudah diterima industri, pelaku usaha dan masyarakat.

“Sebagai lembaga yang menjalankan fungsi otoritas moneter, perlu adanya komunikasi yang cepat dan tepat sasaran. Termasuk dalam mengendalikan ekspektasi inflasi,” kata Kepala Perwakilan BI Sulbar Dadal Angkoro saat membuka kegiatan pelatihan wartawan di hotel d’Maleo, Kamis, (26/4/2018).

Salah satu peran media yakni untuk menyebarkan berita dan informasi yang objektif dan bermanfaat bagi masyarakat. Sebagai salah satu pilar demokrasi, media juga memiliki peran untuk mengawal kebijakan yang dikeluarkan oleh otoritas.

Untuk itu, kata Dadal, Bank Indonesia berusaha meningkatkan pemahaman wartawan secara rutin, terutama terhadap fungsi Bank Sentral dalam kebijakan moneter, sistem pembayaran, dan stabilitas sistem keuangan.

“Ini merupakan kali pertama Bank Indonesia Sulawesi Barat menyelenggarakan pelatihan wartawan secara bersama-sama dengan lembaga pers PWI dan AJI di Mamuju,” ungkapnya.

Kegiatan saat ini bertema “Bagaimana Menulis Berita Ekonomi”. Peserta pelatihan merupakan wartawan media online, cetak dan elektronik dari berbagai kabupaten se-Sulawesi Barat dan menjadi stakeholder kantor perwakilan Bank Indonesia. Kegiatan berlangsung pada Kamis, 26 April 2018.

Peserta akan mendapatkan materi di antaranya pengendalian inflasi daerah untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat, perkembangan dan kebijakan sistem pembayaran BI, dan kebijakan makroprudensial untuk mendorong pertumbuhan perekonomian daerah.

Kegiatan pelatihan wartawan ini bekejasama dengan lembaga pers dari PWI dan AJI Sulawesi Barat.

(fitri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *