KPU Sulbar Nyatakan 12 Parpol Memenuhi Syarat

Politik

Mapos, Mamuju – KPU Provinsi Sulawesi Barat melaksanakan verifikasi faktual terhadap Partai Politik (Parpol) se Sulawesi Barat mulai 28-30 Januari 2018. KPU menilai 12 parpol telah memenuhi syarat verifikasi tingkat Provinsi dan Kabupaten.

Verifikasi parpol sesuai putusan Mahkamah Konstitusi (MK) Nomor 53/PUU-XV/2017. Hari ini Komisi Pemilihan Umum Provinsi Sulbar telah resmi merampungkan hasil verifikasi faktual parpol.

“Untuk verifikasi faktual yang di tingkat provinsi dan kabupaten, 12 parpol nyatakan memenuhi syarat,” kata Ketua KPU Sulbar Usman Suhuria di kantor KPU Sulbar, jalan Soekarno-Hatta No.27 Mamuju – Sulawesi Barat. Selasa (30/1/2018).

Selanjutnya, Parpol yang memenuhi syarat dinyatakan lolos sebagai partai politik 2019.

Ketua KPU Sulbar, Usman Suhuria.

Selain itu, Usman menjelaskan ada tiga item yang diverifikasi di tingkat provinsi dan kabupaten. Ketiganya itu meliputi kepengurusan, domisili kantor, dan tingkat keterwakilan perempuan.

“Yang pertama kepengurusan, yang kedua domisilinya, yang ketiga keterwakilan,” imbuhnya.

Usman juga mengatakan, pada keputusan akhir nantinya akan diplenokan oleh KPU RI pada pertengahan bulan Februari 2018 mendatang termasuk keputusan untuk parpol baru.

Selanjutnya, parpol yang dinyatakan memenuhi syarat oleh KPU RI maka KPU akan melakukan pengundian nomor urut parpol untuk kepentingan kampanye di pemilu 2019.

“Parpol yang dinyatakan memenuhi syarat, akan melakukan pengundian nomor urut untuk kepentingan kampanye di pemilu 2019,” tutup Usman Suhuria.

(toni)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *