KPU Mamuju Mulai Salurkan APK Peserta Pemilu 2019

  • 25 Nov 2018
  • Politik
  • Sudirman Al Bukhori
  • 14
Gambar KPU Mamuju Mulai Salurkan APK Peserta Pemilu 2019 Kantor KPU Mamuju.

Mapos, Mamuju Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Mamuju mulai menyalurkan alat peraga kampanye (APK) kepada peserta Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2019.

Ketua KPU Mamuju, Hamdan menjelaskan, APK yang diserahkan oleh KPU Mamuju sebanyak 256 Spanduk dengan ukuran 1×5 meter dan Baliho 160 dengan ukuran 2×3 meter kepada peserta pemilu dari parpol.

“Sedangkan untuk DPD diserahkan sebanyak 10 APK berupa Spanduk dengan ukuran 1×5 meter. Penyerahan dilakukan di Kantor KPU Mamuju dengan ketentuan yang telah disebutkan dalam Pasal 1 dan 2.” ungkapnya. Minggu (25/11/2018).

Sedangkan, untuk spanduk calon presiden dan calon wakil presiden sebanyak 20 lembar.

Lebih lanjut ia mengatakan, penyerahan APK yang dilakukan oleh KPU Mamuju kepada perwakilan Parpol dan DPD terdapat ukuran yang telah ditentukan.

“Untuk calon anggota DPD setiap anggota calon DPD mendapat 10 buah spanduk dengan ukuran 1X5 meter sedangkan untuk Parpol APK yang diserahkan terdapat spanduk sebanyak 16 buah dengan ukuran 1×5 meter dan baliho sebanyak 10 buah dengan ukuran 2×3 meter.” ujarnya.

Hamda mengatakan, hingga kini ada tiga partai yang belum mengambil APK, diantaranya dari parpol Gerindra, PPP dan PKB.

Disinggung soal tiga partai yang belum mengambil APK, Hamdan menjelaskan, mungkin mereka belum ada waktu untuk mengambilnya.

“Waktunya mungkin belum ada,” terang Hamdan.

Sementara itu untuk pemasangan dan pemiliharaan APK, pihaknya menyerahkan sepenuhnya kepada pihak terkait, sedangkan untuk titik pemasangan pihak terkait telah ditentukan titik lokasinya.

“Tentang penentuan titik lokasi, sebelumnya KPU Mamuju telah melakukan pengundian dan pihak yang akan memasang telah berada pada titik yang telah di tentukan pada pengudian sebelumnya.” terangnya.

Jika hal tersebut (pemasangan) tidak sesuai dengan titk lokasi maka pihak dari Bawaslu akan melakukan penertiban APK yang melanggar atau keluar dari zona titik lokasi.

Kantor KPU Mamuju.

Pemberian alat peraga kampanye pada peserta Pemilu 2019 merupakan amanat dari Undang-undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum. Dalam UU itu disebutkan, KPU berkewajiban menyediakan alat peraga kampanye untuk peserta pemilu, berupa baliho dan spanduk.

(usman)