Konsolidasi Jilid II Pembagian PI Blok Sebuku, ABM Kata Adi Ahsan Tak Takut Didemo Satu Kabupaten

Majene

Mapos, Majene – Lagi pernyataan Gubernur Sulbar Ali Baal Masdar (ABM) menambah panas dan gerah hati masyarakat Majene. Pasalnya, Gubernur yang menjabat dua periode sebagai bupati di Kabupaten Polman ini mengeluarkan statemen kontroversi dengan menyebut dirinya tidak takut didemo satu kabupaten.

Pernyataan ABM diperkuat dengan ucapan salah seorang Aliansi Masyarakat Majene (AMM) Adi Ahsan saat konsolidasi jilid II melawan kebijakan Gubernur ABM atas pembagian participating interest (PI) Blok Sebuku secara tidak adil dengan Kabupaten Majene di salah satu cafe di Lingkungan Binanga Kelurahan Labuang Kecamatan Banggae Timur Selasa (12/6/2018) malam.

Adi Ahsan menyebut jika ABM tidak ingin didemo harap mulutnya dijaga.

Namun, Adi Ahsan tidak memungkiri, jika kebijakan yang dikeluarkan oleh ABM justru memperkokoh persaudaraan masyrakat Majene yang ‘pernah terpecah’, baik itu pecah lantaran kepentingan politik maupun karena kepentingan lainnya.

“Semalam kita dipertemukan dari berbagai latar belakang ikut hadir; mahasiswa, politisi, birokrat, tokoh masyarkat, pemuda dan LSM. Suara kami satu, TIDAK menerima rencana kebijakan pembagian PI Blok Sebuku yang ditawarkan Gubernur Sulbar kepada Pemda Majene. Seruan kami satu, kembalikan kebijakan itu pada hasil notulensi perjanjian antara Sulbar dan Kalsel yang dilaksanakan di Istana Wapres tahun 2012 lalu,” kata Adi Ahsan.

Ia menyebut, pertemuan yang juga dihadiri mantan Bupati Majene dua periode Kalma Katta begitu teduh, akrab, dan penuh semangat.

“Silang pendapat yang selama ini terjadi diantara kami karena perbedaan pendapat dan pemikiran, baik itu karena kebijakan pemerintahan, perbedaan pilihan saat Pilkada dan Pilgub, pun hal-hal yang sifatnya prinsip, idiologis, dan idealistik, semua terkesampingkan, dan terfokus pada tuntutan yang sama, yakni hak Investasi dan bagi hasil 2,5% PI Kabupaten Majene harus dipertahankan,” tegas anggota DPRD Majene yang partainya turut mengusung ABM saat Pilkada Gubenur Sulbar tahun 2017 silam.

Tak lupa Adi Ahsan berterima kasi kepada Gubernur Sulbar ABM karena telah mempersatukan masyarakat Majene dalam suasana yang begitu akrab dan penuh semangat.

Sementara, menurut penginisiatif Aliansi Masyarakat Majene (AMM), Muhammad Irfan Syarif hasil konsolidasi jilid II AMM dengan para tokoh masyarakat Majene Selasa malam tadi menyimpulkan :

1. Membentuk TIM Advokasi
2. Melakukan Koordinasi ke Bupati Majene.
3. Menyurat kepada kementrian Dalam Negri
4. Menyurat kepada SKK Migas
5. Melanjutkan Aksi Kedua.

Disayangkan karena Muhammad Irfan Syarif tidak menyebut kapan aksi kedua akan digelar.

(Ipunk)

1 thought on “Konsolidasi Jilid II Pembagian PI Blok Sebuku, ABM Kata Adi Ahsan Tak Takut Didemo Satu Kabupaten

  1. Gubernur kalian itu nda ngerti bahasa Indonesia….
    Pokoknya apapun yg terjadi masyarakat majene hrs terus berjuang sesuai amanat notulen wapres… Kami dimamuju siap bergabung.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *