Komikus Jepang Sindir Proyek Kereta Cepat Jokowi, Ini Guratan Penanya

Nasional

Mapos, Jakarta РKomikus asal Jepang, Onan Hiroshi menyindir proyek kereta cepat Jakarta-Bandung yang digarap antara konsorsium BUMN Indonesia dan perusahaan China Railways.

Proyek tersebut sudah di-groundbreaking pada Januari 2016 lalu, namun hingga kini belum juga mendapat pencairan utang dari pihak Tiongkok.

Seperti melakukan kilas balik, lewat gambaran komiknya Hiroshi menceritakan awal proyek ini diinisiasi dimana pada rencana awal proyek tersebut harusnya dibangun oleh Jepang sebelum akhirnya digarap oleh Tiongkok.

Dalam coretan komiknya, Hiroshi menggambarkan bahwa mulanya pihak Indonesia dan Jepang sepakat untuk membangun kereta cepat Jakarta-Bandung. Pihak Jepang sudah mengeluarkan kocek besar untuk melakukan studi.

Akan tetapi, hasil studi yang telah dilakukan oleh Jepang malah diberikan kepada pihak Tiongkok sampai akhirnya proyek tersebut diberikan kepada Tiongkok.

Selanjutnya, setelah dua tahun di-groundbreaking, dana dari proyek kereta cepat itu tak kunjung cair. Padahal masa kepemimpinan Presiden Jokowi sudah tersisa satu tahun lagi.

Guratan pena komikus asal Jepang, Onan Hiroshi (Istimewa)

Dalam komik tersebut, digambarkan Jokowi kembali merayu Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe untuk berinvestasi di proyek kereta cepat.

Akan tetapi permintaan Jokowi itu tak digubris oleh Abe. Dalam gambar tersebut juga terlihat ada orang-orang di belakang Abe yang nampak geram karena permintaan Presiden Jokowi.

Sejak diunggah dalam twitter @hiroshionan dua hari lalu, komik tersebut sudah menjadi bahan perbincangan netizen. Bahkan hal ini membuat akun Hiroshi Onan ditangguhkan oleh twitter.

Meski begitu, masih banyak netizen yang membicarakan komik sindiran Hiroshi Onan di linimasa twitter.

(*)

(Sumber : Jawapos.com)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *