Advertorial Kesbangbol Sulbar
Kesbangpol Gelar Penguatan Nilai Kearifan Lokal

Adventorial

Mapos, Polewali – Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Sulbar menggelar kegiatan dengan tema Penguatan Nilai-Nilai Kearifan Lokal Dalam Membangun Karakter Ke-Indonesia-an di Kalangan generasi Muda. Kegiatan ini dilaksanakan di Hotel Bumi Raya Kabupaten Polewali Mandar (Polman), Kanis (05/04/2018).

Ketua Panitia kegiatan H. Suwahru, mengungkapkan, kekuatan kearifan lokal merupakan alternatif pedoman hidup manusia. Karena itu kearifan lokal harus digali, dipoles, dikemas dan dipelihara dengan baik.

“Bahwa kearifan lokal dapat menjadi benteng kokoh menanggapi modernisasi. Dengan tidak kehilangan nilai-nilai tradisi lokal yang telah mengakar dalam sebuah komunitas masyarakat. Kita sangat kaya dengan kearifan lokal itu yang bersumber dari seni dan kebudayaan. Dan kekuatan itu dapat menjadi pondasi dalam membangun karakter ke-Indonesia-an,” tuturnya saat memberikan laporan kegiatan.

Ketua Paniita, H. Suwahru, saat memberikan laporan kegiatan.

Kearifan lokal yang dimiliki setiap daerah di Indonesia, menjadi karakter nasional. Maka, tegasnya, bangsa ini akan memiliki karakter yang kuat.

“Maksud kegiatan ini adalah untuk memberikan pemahaman kepada para peserta tentang pentingnya memggali nilai-nilai kearifan lokal di Sulbar. Kemudian tujuannya untuk memberikan pemahaman dan menginternalisasi nilai-nilai tersebut menjadi kesadaran kolektif,” kata Suwahru.

Ditambahkan, sasaran kegiatan tersebut adalah membangkitkan kesadaran tentang ke-Bhinneka-an. Sekaligus mendorong komitmen untuk teguhnya NKRI.

Kegiatan ini diikut para pemuda dari berbagai organisasi kepemudaan, mahasiswa dan pelajar.

(*)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *