KEREN… Kakek Lulusan SD Ciptakan Tegangan Listrik dari Magnet Loudspeaker

Beranda Berita Terbaru Berita Utama Mamuju Nasional Opini Regional Sulawesi Barat

Foto : Ilustrasi

Oleh : Muh. Sudirman Al Bukhari (Redaktur Peliputan)

Mapos. SEORANG kakek yang sehari-hari bekerja sebagai Petani di Kabupaten Mamuju, Sulawesi Barat menciptakan sebuah tegangan listrik dari loudspeaker.

Alat ciptaan Baso (59), mampu menghasilkan tegangan listrik dengan kekuatan 220 VA. Tak hayal, penghasil listrik“ciptaannya” diburu warga yang membutuhkan.

Alat itu tercipta berawal dari keprihatinannya terhadap tumpukan sampah di bank sampah Kelurahan/Kecamatan Rangas, Simboro. Dimana ribuan loudspeaker rusak bertumpuk.

Kemudian, Baso berusaha menciptakan sebuah alat untuk daur ulang sampah itu dan berhasil. Sistem kerja alat ciptaan Baso yakni dengan cara melilitkan kabel yang sudah terpasang colokan dan stop kontak, setelah dililit dibagian magnet louspeker kemudian colokan kabel hasil lilitan di colokkan ke stop kontak dan lampu akan menyala.

Warga Rangas itu memberi nama temuanya Listrik Rangas. Nama yang sama dengan kampung tersebut.

Salah satu warga yang sering memakai alat dari Baso yakni Nur Ali. Dia sengaja membeli hasil temuan milik Baso karena harganya lebih murah. “Harganya cuma Rp50 ribu satu set,” aku Ali.

Ali mengaku, selama mati lampu tidak pernah mengalami kendala, bahkan sangat praktis membantu pencayahan rumahnya.

Sementara itu, Baso mengatakan, alat listrik ciptaannya memiliki kapasitas 5 kilogram. Untuk bahan sampah loudspeaker 5 kilogram dapat menghasilkan tegangan listrik 3 balon lampu.

“Saya kesulitan mengurus perijinan, apalagi hak paten. Saya hanya tamatan sekolah dasar dan bekerja mengambil dan memilah sampah di bank sampah ini,” pungkasnya.

(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *