Kata Pengamat, Event Sandeq Race Tahun Ini Menurun

Mamuju

Mapos, Mamuju¬†–¬†Pengamat Sandeq Race M. Yunus mengatakan, Sandeq Race tahun 2018 ini sangat menurun, mulai dari penyambutan, pelayanan peserta serta daya tarik para wisatawan lokal dan mancanegara.

Kata Yunus, dibandingkan tahun 2017, dapat meraup para wisatawan lokal maupun mancanegara. Padahal kata dia, di 2017 event Sandeq Race ini tak menggunakan anggaran APBD namun berhasil memikat hati para wisatawan lokal dan mancanegara.

Peserta juga disuguhkan acara pesta rakyat dan diberikan pelayanan yang terbaik. Para peserta pun puas.

Untuk tahun 2018 ini, Sandeq Race menggunakan anggaran APBD namun terlihat tidak seperti tahun sebelumnya, para peserta sangat mengeluh, mulai dari segi pelayanan, makanan, penyambutan hingga tak adanya pesta rakyat.

“Kenapa saya katakan demikian? Karena kelihatan ada kebingungan, dalam artian urusan bila dikerjakan yang bukan ahlinya maka pekerjaan itu tidak akan baik,” ujarnya.

Ini yang seharusnya menjadi perhatian yang serius bagi pihak pelaksana berikutnya.

“Ada beberapa peserta Sandeq Race datang kepada saya dan menanyakan keluhan mereka, bahwa kenapa beda pelayanan tahun lalu dengan yang sekarang. Dulu katanya, kita difasilitasi semua, baik dari segi makanan, pelayanan serta tempat para panitia. Tapi ini seolah kami dilepas tanpa arah,” ujarnya menirukan perkataan peserta.

Keluhan ini bukan cuma dirasakan oleh para peserta tapi juga wisatawan lokal.

“Tak semeriah dulu ya Sandeq Racenya,” katanya menirukan perkataan wisatawan lokal itu.

Ini seharusnya menjadi perhatian yang serius bagi pihak pelaksana, apalagi event Sandeq Race sekarang menggunakan APBD. Bagaimana event Sandeq Race ini bisa menjadi daya tarik wisatawan lokal dan mancanegara serta ada kepuasan tersendiri bagi para peserta Sandeq Race.

Pelaksana harusnya memanggil pihak-pihak yang paham betul soal event ini.

“Ajaklah kerjasama pihak-pihak yang paham betul soal Sandeq Race karena event ini adalah budaya Mandar yang harus diperkenalkan sampai ke mancanegara,” pungkasnya.

“Selain itupula, libatkan semua stekholder,” sambungnya.

Yunus berharap, semoga event selanjutnya bisa lebih baik dari tahun ini.

Sandeq Race.

“Saya berharap, event berikutnya lebih baik,” tutupnya.

(toni)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *