Kapolsek Sampaga Berhasil Mediasi Sengketa Tapal Batas Lahan

Peristiwa

Mapos, Mamuju – Kepolisian sektor Sampaga berhasil melakukan mediasi terkait sengketa tapal batas lahan di Dusun Puncak Jaya, Desa Lemo-Lemo Kecamatan Pangale Kabupaten Mateng.

Kapolsek Sampaga Iptu Mukhtar Mahdi mengatakan, mediasi tapal batas yang kita laksanakan hari ini untuk menghindari terjadinya potensi konflik antara dua kubu.

“Kita lakukan pendampingan dan mediasi hari ini untuk menghindari terjadinya potensi konflik antara dua kubu,” kata Mukhtar. Selasa (1/5/2018).

Dirinya menyebut, adapun hasil mediasi penyelesaian tapal batas dua kubu ini desa, turut dihadiri oleh Kades Lemo-lemo, Kadus Puncak Jaya, suamiati (saksi/istri pemilik lahan dari Masruhing), Ramadhan (saksi) Muh. Fadli (saksi/Okeng), Hadawiah (saksi/Okkang)

Hasil mediasi tapal batas antara Masruhing (pemilik lahan) dan Colleng Sulaiman (pemilik lahan), berakhir dengan kesepakatan melalui musyawarah antara kedua pihak dan muspika setempat.

Setelah titik tapal batas disepakati dan dilakukan pengukuran, masyarakat kedua desa langsung memberi tanda dengan cara melakukan pematokan untuk mengetahui batas masing-masing pihak.

Adapun hasil kesepakatan, setelah dilakukan pengukuran dari jalan Tani dengan luas lokasi 4.930 centimeter, ada kelebihan sepanjang 140 centimeter. Kedua belah pihak masing-masing berhak mendapatkan 70 centimeter,

Selanjutnya, batas Lahan dari kedua belah pihak kita tandai dengan pemasangan patok kayu.

Adapun pohon sawit yang ditanam oleh Masruhing yang masuk kedalam lokasi Colleng Sulaeman akan dicabut dan dipindahkan ke dalam lokasi miliknya. Dan sebaliknya, tanaman pohon pisang yang ditanam oleh Masruhing serta masuk ke dalam lokasi Colleng Sulaeman akan dipanen oleh Masruhing sebanyak dua kali. Selanjutnya pohon pisang tersebut sepenuhnya akan menjadi milik Colleng Sulaeman.

Berikut video hasil kesepakatan kedua belah pihak yang dimediasi oleh Kapolsek Sampaga

(usman)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *