Kapolda Sulbar Turut Bersihkan Masjid Terdampak Tsunami

Peristiwa

Mapos, Sulteng – Aksi kepedulian Kapolda Sulbar membantu warga membersihkan tempat-tempat ibadah di Desa Loli, Donggala, pasca gempa 7.4 SR dan tsunami menghantam Donggala-Palu, Sulteng beberapa hari lalu.

Dari foto yang diterima mamujupos.com, terlihat, Kapolda Sulbar Brigjen Pol Baharuddin Djafar bersama warga setempat serta personil Brimob Polda Sulbar turut membantu membersihkan sisa-sisa endapan lumpur yang tergenang dilantai masjid.

Dengan menggunakan peralatan seadanya, Kapolda membersihkan endapan lumpur.

Masjid adalah rumah Allah. Pembersihan rumah Allah dilakukan agar masyarakat di Desa tersebut dapat memanfaatkannya untuk beribadah kembali.

Secara fisik, masjid adalah bangunan biasa yang terdiri atas lantai, tiang, dan atap. Namun, secara spiritual, masjid adalah poros nadi umat yang sangat fundamental. Selain menjadi perekat umat di mana mereka bisa menebarkan kebajikan, masjid juga merupakan media bagi sang Muslim agar sukses dalam menjalin hubungan vertikal dengan Allah, melalui masjid, sang Muslim bisa melakukan mi’raj menuju Ilahi.

Dari masjid, kaum Muslimin bisa belajar-mengajar, keimanan seseorang tergambar, tingkat keberagamaan masyarakat terpancar, ketenangan dan kedamaian berbinar-binar, dan kebangkitan umat mengakar.

Seorang Muslim akan prihatin dan sedih manakala menjumpai seseorang yang dengan seenaknya mengotori masjid dan membiarkan kotoran (sampah) berserakan. Juga tidak etis jika kita membiarkan bau tak sedap bercokol di tempat wudhu, toilet, atau kamar mandi masjid, sehingga aromanya menyebar dan dihirup orang-orang yang shalat, membaca Alquran, iktikaf, atau ibadah lainnya.

Dengan demikian, kebersihan dan keasrian masjid jelas mendukung kekhusyukan kaum Muslimin dalam beribadah. Maka, sangat pantas kalau Allah dan Rasul-Nya memberikan pahala yang besar bagi mereka yang membersihkan masjid, sebagaimana tersimbul dalam riwayat di atas. Nabi juga bersabda, “Barang siapa yang mengeluarkan kotoran dari masjid maka Allah akan membangunkan untuknya sebuah rumah di surga,” (HR Ibnu Majah).

(usman)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *