Kapolda Sulbar Pimpin Upacara Kenaikan Sabuk Inkanas

Mamasa

Mapos, Mamasa – Institut Karete-Do Nasional ( INKANAS ) cabang Kabupaten Mamasa, kembali menggelar ritual atau ujian kenaikan sabuk sebagai simbol peningkatan kemampuan, di lapangan apel Mapolres Mamasa.

Upacara ujian penurunan Kyu, Kenaikan Sabuk Institut Karete-Do Nasional ( INKANAS ) itu dipimpin oleh Kepala Kepolsian Daerah Sulawesi Barat ( Kapolda Sulbar), Brigjen. Pol. Drs. Baharuddin Djafar M.Si. selaku Ketua Umum Inkanas Pengda Sulbar.

Hadir dalam kegiatan tersebut diantaranya, Wakil Bupati Mamasa, Kapolres Mamasa, AKBP Arianto, S.E, M.M, para pejabat utama Polres Mamasa, Ketua Majelis Sabuk Hitam Inkanas Sulawesi Barat, Majelis Sabuk Hitam Inkanas Cabang Mamasa beserta tamu undangan lainnya.

Kapolda Sulbar Brigjen Pol Baharuddin Djafar dalam sambutannya mengucapkan selamat datang dan salam hangat kepada seluruh peserta ujian.

Selaku Ketua Umum Inkanas Pengda Sulbar, Kapolda sangat mengapresiasi kepada segenap pengurus dan anggota Inkanas, atas upaya yang telah dilakukan dan yang akan dilaksanakan ini.

Pelaksanaan kegiatan ini adalah upaya untuk meningkatkan kemampuan fisik dan mental sebagai manusia-manusia pembangunan, Untuk itu diharapkan Inkanas sebagai organisasi
Perguruan karate terbesar di tanah air hendaknya senantiasa berusaha meningkatkan prestasi untuk menjadi yang terbaik.

Segudang prestasi yang telah diraih terbukti pada sea games Myanmar yang lalu, dimana Atlet Inkanas membuktikan diri sebagai yang terbaik dan menyelamatkan tim Indonesia dari kekosongan medali di ajang Internasional atas Nama “Jintar dan Umar Syarif.”

Sedangkan di masa lalu ada karateka Inkanas asal sulawesi yang sangat terkenal, antara lain Djafar Jantang, Ellong Chandra, Nursalim, Bado’, Musliming Russeng, dan terakhir Arief Taijfan Syamsuddin. Mereka adalah atlet andalan Indonesia di Ajang Internasional.

kedepannya, kata Kapolda, akan lahir Karateka Inkanas yang melebihi mereka, Insya Allah.

Untuk itu, kepada semua pihak baik instansi pemerintahan maupun swasta, diharapkan, agar disetiap sekolah mulai dari tingkat SD, SMP, dan SMA hingga ke perguruan tinggi dilakukan kerja sama untuk membentuk ranting atau cabang-cabang khusus Inkanas.

Tujuannya, agar Inkanas semakin memasyarakat secara luas. Dan kepada seluruh pengurus pembina maupun pelatih Inkanas untuk senantiasa membangun komunikasi dan kerja sama yang baik, agar ada kegiatan khususnya kejuruan-kejuruan sebagai ajang pembinaan prestasi, untuk mengasah kemampuan para karate inkanas sekaligus dalam meningkatkan kemampuan mental, fisk dan daya juangnya sebagaimana yang berlangsung di Kabupaten Mamuju Utara yang diikuti 4 Provensi, lima atlet Inkanas yang masih berusia dini serta mampu bersaing dan menyumbangkan lima medali.

Selamat melaksanakan ujian penurunan kyu, semoga Allah Subuhanahu Wataalah meridhoi kegiatan kita ini, mari bersama-sama menjaga keamanan, ketertiban dan ketentraman demi mewujudkan kamtibmas yang kondusif di sulawesi Barat.

foto/istimewa

Selanjutnya para Atlet penerus Inkanas juga memperagakan seni beladiri beregu yang menjadi pemandangan menarik dan tentunya mampu menghibur para penontong.

(Fitri/HMS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *