Kapolda Sulbar: Kita Berutang Budi Sama Pemuda

Sulawesi Barat

Mapos, Mamuju¬†–¬†“Kita semua telah berhutang budi kepada para tokoh pemuda tahun 1928 yang telah mendeklarasikan Sumpah Pemuda. Seyogyanya, untuk membalas perjuangan para pemuda, kita harusnya membangun kesadaran dan berkomitmen untuk menjaga persatuan dan kesatuan negeri ini, sebut Kapolda Sulbar, Brigjen Pol Baharuddin Djafar saat memimpin upacara peringatan hari Sumpah Pemuda ke-90, di Lapangan Mapolda Sulbar, jalan Aiptu Nurman Kalubibing Mamunyu, Kecamatan Mamuju, Kabupaten Mamuju, Sulbar, Senin (29/10/2018).

Kapolda mengatakan, komitmen kebangsaan para pemuda harus diteladani untuk membangun bangsa, satukan Indonesia.

Menurutnya, betapa pentingnya pembangunan kepemudaan dalam melahirkan generasi muda yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, cerdas, kreatif, inovatif, mandiri, demokratis, bertanggung jawab, berdaya saing, serta memiliki jiwa kepemimpinan, kewirausahaan, kepeloporan, dan kebangsaan berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik INdonesia Tahun 1945 dalam kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Pemuda-pemuda hebat Indonesia telah lahir dan mampu berkompetisi di Kancah Asia. Perhelatan Asian Games 2018, atlet-atlet muda Indonesia bersaing dengan bangsa-bangsa Asia, dan berhasil menduduki peringkat ke-4, serta di ajang Asian Para Games para atlet kita berhasil menduduki peringkat ke-5.

“Inilah sebagai bukti bahwa peran pemuda sangatlah penting,” tuturnya.

“Ini adalah sejarah baru kebangkitan olaharaga Indonesia. Serta harus dijadikan momentum untuk terus membangun optimisme pemuda Indonesia dengan bekerja keras mewujudkan prestasi diberbagai bidang,” sambungnya.

Kapolda mengatakan, di tahun 2019, Bangsa Indonesia akan menggelar hajat besar yaitu pesta demokrasi untuk memilih dan menentukan pemimpin negara dan Daerah.

Untuk itu, peran dan tanggung jawab pemuda dalam menyukseskan proses pemilihan umum nanti, amat sangat dibutuhkan. Partisipasi aktif pemuda dalam Pemilu 2019 perlu ditingkatkan untuk mewujudkan pemilu yang damai, kredibel dan berkualitas.

“Kalau pemuda generasi terdahulu mampu keluar dari jebakan sikap-sikap primordial suku, agama, ras dan kultur, menuju persatuan dan kesatuan bangsa, maka tugas pemuda saat ini adalah harus sanggup membuka pandangan ke luar batas-batas tembok kekinian dunia, demi menyongsong masa depan dunia yang lebih baik,” terang Kapolda.

“Wahai pemuda Indonesia, dunia menunggumu, berjuanglah, lahirkanlah ide-ide, tekad, dan cita-cita, pengorbananmu tidak akan pernah sia-sia dalam mengubah dunia,” lanjut Kapolda menyemangati kaum pemuda.

Polda Sulbar gelar upacara hari sumpah pemuda.

Kapolda Sulbar berharap, di hari yang istimewa ini, para pemuda dapat mengambil peran penting dalam menjaga kamtibmas tetap kondusif.

“Selamat hari sumpah pemuda satukan Indonesia,” kuncinya.

(fitri)

loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.