Kader PKS Sulbar Gelar Sholat Gerhana

Mamuju

Mapos, Mamuju¬†–¬†Fenomena gerhana bulan yang terjadi diberbagai benua di dunia menjadi fenomena yang tidak dilewatkan oleh ummat Islam di dunia, termasuk di Sulawesi Barat dan di Indonesia pada umumnya.

Di Sulawesi Barat sendiri, kader PKS mengambil bagian dari fenomena alam tersebut dengan melaksanakan shalat gerhana secara serentak. Rabu (31/1/2018).

Menurut Ketua Dewan Syari’ah PKS Sulawesi Barat, KH. Zainal Abidin, LC mengatakan, Fenomena alam pernah terjadi pada zaman Rasulullah SAW. Berdasarkan Hadits yang di riwayatkan oleh Imam Muslim bahwa dari Aisyah Ra. Ia berkata, lada masa Rasulullah SAW. pernah terjadi gerhana matahari. Saat itu Rasulullah SAW. melakukan shalat gerhana, beliau berdiri sangat lama dan rukuk juga sangat lama, lalu mengangkat kepala dan berdiri lama, tapi tidak seperti lamanya berdiri pertama. Kemudian beliau rukuk lama, tapi tidak seperti lamanya rukuk pertama. Selanjutnya beliau sujud. Kemudian berdiri lama, namun tidak seperti lamanya berdiri pertama, rukuk cukup lama, namun tidak selama rukuk pertama, mengangkat kepala, lalu berdiri lama, tapi tidak seperti lamanya berdiri pertama, rukuk cukup lama, tapi tidak seperti lamanya rukuk pertama, lalu sujud dan selesai. Ketika shalat usai matahari sudah nampak sempurna kembali.
Beliau berkhutbah di hadapan kaum muslimin, memuji Allah dan menyanjung-Nya, dan bersabda: Sesungguhnya matahari dan rembulan itu termasuk tanda-tanda kebesaran Allah. Keduanya terjadi gerhana bukan karena kematian atau kelahiran seseorang.
Oleh sebab itu, jika kalian melihat keduanya gerhana, maka bertakbirlah, berdoalah kepada Allah, kerjakanlah shalat dan bersedekahlah! Hai umat Muhammad, tidak seorang pun lebih cemburu daripada Allah, bila hambanya, lelaki maupun perempuan, berbuat zina. Hai umat Muhammad, demi Allah, seandainya kalian tahu apa yang kuketahui, tentu kalian banyak menangis dan sedikit tertawa. Ingatlah! Bukankah aku telah menyampaikan. (Shahih Muslim No.1499)

Berikut isi surat penyampaian beserta titik pelaksanaan shalat gerhana yang digelar kader PKS, sebagaimana dirilis oleh Ketua Dewan Syari’ah PKS Sulawesi Barat, sebagai berikut :

Assalamu’alaikum wr wb
Ikhwati wa akhawati fi llah, diminta kesediaan antum/antunna meramaikan shalat gerhana malam ini di masjid-masjid yg menyelenggarakan shalat gerhana.

Untuk kader di Polman dipusatkan di Masjid Merdeka Wonomulyo.

Untuk kader di Majene dipusatkan di Masjid Leppe, dekat rumah Ust Setiawan.

Ketua Dewan Syari’ah PKS Sulawesi Barat, KH. Zainal Abdin. LC.

Untuk Kader dan masyarakat di Mamuju dipusatkan di Masjid Al Amanah dekat rumah Ustadz Hajrul Malik dan di Masjid Al Amanah, bertindak sebagai Imam Ustadz Ramadhan Imam Masjid Al Amanah Naqib, Ustadz Adha, S.Pdi dan Khatib oleh Ustadz KH. Zainal Abidin. LC.

“Dengan harapan, agar masyarakat dapat mengambil bagian dalam pelaksanaan sholat Sunnah gerhana sebagai tanda syukur atas nikmat yang Allah berikan, salah satunya menyaksikan gerhana bulan tersebut,” harap Zainal Abidin.

Waktu pelaksanaan shalat gerhana, setelah shalat Isya dengan titik kumpul pada pukul 19.30 Wita.

(maman)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *