Jokowi : Terorisme adalah Kejahatan Luar Biasa

Nasional

Mapos, Jakarta – Hampir semua negara di dunia menghadapi ancaman kejahatan terorisme ini. Terorisme tidak hanya menyasar negara-negara yang sedang dilanda konflik, tapi juga negara maju seperti Amerika Serikat dan Uni Eropa.

Demikian dikatakan Presiden RI Jokowi Rabu (23/5/2018) kemarin.

Menurut dia, terorisme itu kejahatan luar biasa, maka menghadapinya juga dengan cara-cara luar biasa.

“Pendekatan hard power — penegakan hukum yang tegas, keras, dan tanpa kompromi sekaligus memburu jaringan teroris hingga ke akarnya — jelas sangat diperlukan. Tetapi itu belum cukup, kita juga perlu melakukan pendekatan soft power,” katanya.

Soft power yang kita lakukan sebut Jokowi, bukan hanya dengan memperkuat program deradikalisasi kepada mantan napi teroris, tetapi juga membersihkan lembaga-lembaga pendidikan dari TK, SD, SMP, SMA/SMK, dan perguruan tinggi, mimbar-mimbar umum serta ruang-ruang publik dari ajaran-ajaran yang mengandung ideologi terorisme.

Karena itulah lanjut Jokowi, dalam rapat terbatas mengenai pencegahan dan penanggulangan terorisme di Jakarta, kemarin dirinya menekankan agar pendekatan hard power yang selama ini telah berjalan lebih dipadukan dan diperkuat dengan pendekatan soft power. Yakni, melakukan langkah pencegahan berkembangnya ideologi terorisme di lapisan masyarakat yang lebih luas.

(***)

loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.