Jajaran Kodim 1401 Majene Siap Laksanakan TMMD 102

Majene

Mapos, Majene – Menyongsong kegiatan Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) yang dijadwalkan pada bulan Juni atau Juli 2018 mendatang, jajaran Kodim 1401 Majene melakukan rapat koordunasi dengan pihak pemerintah daerah Kabupaten Majene dan pekerja jurnalistik Jum’at (4/5/2018) di press conference Makodim 1401 Majene.

Komandan Kodim 1401 Majene Letkol Inf Rahman mengatakam, TMMD ke 102 merupakan operasi bhakti TNI yang dilaksanakan oleh TNI bersama departemen, Pemda dan lembaga dilaksanakan secara bersinergis dan terintegrasi sebagai upaya dalam meningkatkan pembangunan di daerah guna mewujudkan kehidupan sosial masyarakat yang lebih baik dan mandiri khususnya di daerah miskin, tertinggal, terisolir dan terpencil agar memiliki ketahanan wilayah yang tangguh dalam menghadapi permasalahan.

Untuk menyukseskan kegiatan tersebut kata Rahman, pertemuan yang dia lakukan adalah bentuk koordinasi dengan pihak terkait.

“Perencanaannya sudah matang kita lakukan dan realisasi kegiatan direncanakan pada akhir bulan 6 atau 7 yang didahului dengan pra TMMD,” ungkap Rahman.

Lebih jauh kata Rahman, wilayah tujuan yaitu di Kecamatan Malunda Desa Bambangan dan Desa Salotahongan.

Dalam TMMD kata dia, sasaran kegiatan dibagi menjadi dua bagian yaitu sasaran pisik dan non pisik.

“Sasaran kegiatan pisik perintisan jalan sepanjang 4000 meter dengan lebar 4 meter, karena dua desa ini terisolasi satu dengan lainnya lantaran terpisah dengan sungai. Kegiatan pisik lain yaitu rehab mushalla, sekolah, duiker dan pembuatan jamban,” tegas Rahman.

Sementara kegiatan non pisik, TMMD akan menyasar masyarakat di dua desa dengan memberikan penyuluhan dan ceramah. “Penyuluhan KB, kesehatan, penyuluhan hukum, penyuluhan pertanian, penyuluhan narkoba dan penyuluhan hukum,”

Dalam pelaksanaanya lanjut Rahman, tentara yang diterjunkan ke lokasi TMMD tidak ditendakan, melainkan bergabung dengan masyarakat setempat. Hal ini dimaksudkan supaya tentara lebih dekat dengan warga.

Dia berharap agar kegiatan TMMD dapat berjalan sesuai harapan dengan pelibatan semua pihak.

“Saya berterima kasih kepada jajaran Pemda Majene karena telah memberikan dukungan yang luar biasa sejak TMMD di wacanakan,” pungkas Rahman.

TMMD Majene.

Pada tempat sama, Wakapolres Majene Kompol Muh Arif sangat mendukung kegiatan TMMD dengan kesiapan jajarannya dalam melakukannya upaya pembantuan seperti penyuluhan narkoba dan sebagainya.

“Kita akan selalu bersama disana,” tegas Muh Arif kepada Dandim Rahman.

(ipunk)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *