Inilah Penyebab AC Mobil Tidak Dingin

Opini

Mapos. JIKA kita sedang berkendara, tiba-tiba ada suara bunyi tak wajar dari bagian mesin dan diiringi dengan penurunan dingin AC mobil besar kemungkinan indikasi awal kerusakan kompresor AC mobil.

Kita yang mengalami kondisi tersebut sebaiknya jangan panik dan segera mengecek kompresor AC ke bengkel terpercaya. Jangan dibiarkan bagian tersebut mengalami kerusakan parah pada akhirnya jebol dan tidak dingin yang ada hanya menghembuskan angin.

Umumnya kompresor AC mobil bermasalah terjadi pada kendaraan-kendaraan yang telah berumur di mana pemiliknya tidak pernah perhatikan bagian komponen komproser AC.

Berikut ciri-ciri kompresor AC yang bermasalah:

1. Kompresor AC mengeluarkan bunyi

Pada saat AC dalam posisi ON (skala 1,2 atau 3) terdengar suara aneh dari mesin. Namun begitu posisi OFF, suara dari mesin hilang atau kembali normal. Munculnya suara bisa disebabkan oleh oli kompresor kurang, piston aus, trush bearing hingga AS yang tak presisi.

2. Kompresor AC bocor

AC akan mengalami penurunan dingin secara bertahap tergantung dari tingkat kebocoran, rata-rata memerlukan waktu 1 bulan sampai 3 bulan sampai freon yang ada dalam tabung habis. Kondisi ini membuat kita akan sering mengisi freon.

3. Kompresi berkurang

Kualitas pendingin ruangan terasa kurang dingin pada RPM rendah, namun jika pedal gas dipijak pada RPM tertentu, AC berubah menjadi lebih dingin, dan sebaliknya.

4. Kerusakan magnetic clutch

Selain tiga poin kerusakan di atas, pemilik kendaraan juga harus mengantisipasi kerusakan magnetic clutch yang merupakan komponen sangat penting di dalam AC mobil, selain kompresor AC dan kondensor AC. Gejala rusaknya komponen itu adalah AC yang tadinya dingin, tiba-tiba tidak sama sekali.

(Sumber: cnnindonesia)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

loading...