Ini Sikap PWI Sulbar Terkait Polemik HMI Cabang Manakarra Dan Media

2017-10-29_22.06.38

Mapos, Mamuju – Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sulbar angkat bicara terkait polemik pemberitaan yang dinilai memojokkan HMI Cabang Manakarra.

Wakil Ketua Bidang Pembelaan Wartawan PWI Sulbar Mursalim Majid menilai, mestinya HMI Cabang Manakarra melapor ke Dewan Pers jika merasa dirugikan atas pemberitaan, Minggu (29/10/2017).

UU Pers tahun 1999 mengatur mekanisme dan prosudural terkait karya jurnalistik jika ada pihak-pihak yang merasa di rugikan atas pemberitaan.

“Silahkan melapor ke Dewan Pers,” tegasnya.

Mursalim menambahkan, ada upaya hak jawab atas berita tersebut dan media wajib melayani hak jawab karena itu diatur dalam UU No 40 Thn 1999.

“Nanti Dewan pers yang akan mengkaji dan menganalisa apakah berita itu melanggar kode etik atau tidak. Karena pihak penyidik juga pasti meminta pertimbangan ke Dewan Pers jika itu menyangkut delik pers,” jelas Mursalim.

Perlu diingat, katanya, penyidik tidak serta merta menerima laporan karena semua kembali kepada Dewan Pers. Adanya MoU antara Dewan Pers dan Polri terkait pemberitaan yang diadukan masyarakat.

“Penyidik tidak akan menindaklanjuti masalah itu sebelum di mediasi oleh Dewan Pers,” ucap Mursalim.

Dia pun berharap, para wartawan untuk mematuhi kode etik dalam menjalankan tugas profesinya. Karena itu payung hukum dalam menjalankan tugas profesi.

Sebelumnya, HMI Cabang Manakarra akan melaporkan beberapa media online ke Polres Mamuju karena keberatan terhadap pemberitaan yang mengaitkan HMI dengan perilaku preman. Dan pemberitaan yang menyebutkan pecahnya kaca DPRD akibat lemparan batu pada aksi tiga tahun kepemimpinan Jokowi-JK di kantor DPRD Mamuju.

Ketua HMI Cabang Mamuju Herlin, menyatakan, beberapa media online telah melakukan tindak pidana pencemaran nama baik dan menyebarkan informasi yang ditunjukkan untuk menimbulkan rasa kebencian atau pemusuhan individu atau kelompok tertentu berdasarkan pemberitaan tersebut.

Hal ini dikatakan Herlin pada saat jumpa pers di Sekretariat HMI Cabang Mamuju. Sabtu (28/10/2017).

(usman)