Ini Kata Kapolsek Sampaga dalam Rakor Pengamanan Idul Fitri

Mamuju

Mapos, Mamuju – Untuk persiapan pelaksanaan Operasi Ketupat Siamasei 2018, pengamanan Hari Raya Idul Fitri, Polsek Sampaga menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) di Pendopo Kantor Kecamatan Sampaga Kabupaten Mamuju. Senin (4/6/2018).

Rakor dihadiri oleh, Camat Sampaga, Kapolsek Sampaga dan personilnya, Kapospol Pangale yang diwakili oleh anggotanya, Kepala Puskesmas Tarailu, Kepala PLN wilayah Sampaga, para Kepala Desa, anggota Saka Bhayangkara dan tokoh masyarakat.

Kapolsek Sampaga Iptu Mukhtar Mahdi mengatakan, pelaksanaan rapat koordinasi pengamanan Hari Raya Idul Fitri 1439 H ini, merupakan agenda rutin tahunan untuk memantapkan koordinasi dan kerja sama antar instansi terkait.

“Sehingga pelaksanaan pengamanan tahun ini akan semakin baik, dalam memberikan pengamanan, pelayanan dan kenyamanan kepada masyarakat,” ujar Kapolsek.

Adapun hasil rapat yang sepakati diantaranya, mendirikan pos pelayanan dengan melibatkan Instansi terkait yakni Satpol PP, Dinas Kesehatan, Perhubungan Darat dan pihak PLN, membentuk rute jalur takbiran wilayah Kecamatan Sampaga dan Kecamatan Pangale, antisipasi di tempat-tempat yang dianggap rawan tentang kejahatan menjelang lebaran idul fitri serta mengantisipasi kemacetan yang mengganggu jalannya arus mudik.

Momentum jelang Hari Raya Idul Fitri, dari tahun ke tahun dirayakan bukan hanya melalui kegiatan ritual keagamaan oleh umat Islam, tetapi juga dimanfaatkan sebagai sarana untuk merajut silaturahmi, dengan melakukan tradisi mudik ke kampung halaman.

Hal ini tentunya berimplikasi terhadap peningkatan mobilitas berbagai moda transportasi, serta meningkatnya konsentrasi masyarakat di tempat-tempat tertentu.

Peringatan Hari Raya Idul Fitri merupakan agenda rutin tahunan yang identik dengan tradisi masyarakat yaitu mudik ke kampung halaman secara serentak baik dari Sulbar ke daerah lain maupun yang datang dari daerah lain ke Sulbar.

Ekses dari tradisi tersebut akan berdampak terhadap berbagai permasalahan terkait stabilitas keamanan dan ketertiban masyarakat, termasuk di dalamnya menyangkut masalah keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas (kamseltibcarlantas),” ujar Kapolsek.

Guna mengantisipasi berbagai kerawanan tersebut, Polsek Sampaga sesuai dengan tugas, fungsi dan peranannya sebagai pelindung, pengayom, dan pelayan masyarakat, telah menyiapkan konsep pengamanan operasi terpusat dengan sandi Operasi Ketupat Siamasei 2018.

“Dalam pelaksanaan operasi ini, sasaran yang hendak dicapai adalah terwujudnya kamtibmas yang kondusif, serta terlaksananya keamanan, keselamatan ketertiban dan kelancaran lalu lintas (kamseltibcar lantas) yang mantap, sehingga akan berkurangnya angka pelanggaran, kemacetan, kecelakaan sampai korban meninggal dunia,” katanya.

Demi kelancaran dan kesuksesan Operasi Ketupat Siamasei 2018 ini, tentunya Polsek Sampaga, tidak dapat bertugas sendiri, tanpa adanya dukungan, kerjasama dan kemitraan dari instansi terkait dan potensi masyarakat.

Kapolsek berharap dengan adanya rakor ini, berbagai kekurangan maupun kendala yang ada, dapat didiskusikan bersama, sehingga dapat menyempurnakan dan menyukseskan Operasi Ketupat Siamasei 2018 yang akan dilaksanakan.

Melalui Rakor ini dapat diinventarisir permasalahan yang dihadapi secara akurat, sehingga dapat dicarikan solusi alternatif melalui kajian yang terkoordinir dan terintegrasi secara baik dan terpadu.

Kapolsek juga mengharapkan adanya keterpaduan penggelaran personel, peralatan maupun cara bertindak antara Polri dengan dinas/instansi dan potensi masyarakat, sehingga dapat sinergis sesuai dengan yang direncanakan.

Rakor persiapan idul fitri dan Ops. Ketupat Siamasei 2018.

“Saya yakin dan percaya, bahwa apabila semua permasalahan dapat ditangani dengan baik, mulai dari perencanaan sampai dengan pelaksanaannya, dengan semangat keikhlasan, kebersamaan, dan kemitraan antar Polri bersama instansi terkait dan potensi masyarakat, maka berbagai rintangan dan hambatan yang ada, akan dapat ditanggulangi secara bersama-sama, dalam rangka memberikan pelayanan prima kepada masyarakat,” ujarnya.

loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.