Ini Ceramah Letkol Rahman di Masjid Raudhatul Abidin Seleppa

Majene

Mapos, Majene – Bulan Ramadan adalah bulan yang selalu dinanti-nanti bagi orang-orang mukmin. Berpuasa pada bulan  Ramadan merupakan sebuah kewajiban bagi umat Islam. Bulan suci Ramadan
merupakan bulan kesembilan pada penanggalan Hijriyah. Selain itu banyak kaum muslim yang menyebut bulan Ramadan sebagai bulan seribu bulan.

“Untuk itu, marilah kita mengejar keutamaan ibadah di bulan yang penuh berkah ini,” ungkap Letkol Inf Rahman Tamampu Leho, MSi – Komandan Kodim 1401 Majene saat membawakan ceramah Jum’at di Mesjid Raya Raudhatul Abidin Saleppa, Kelurahan Bangggae Kecamatan Banggae Jum’at (18/5/2018).

Dihadapan sedikitnya 500 jamaah yang hadir termasuk Bupati Majene DR H Fahmi Massiara SH, MH, para Asinten Setda Kabupaten Majene, para pimpinan OPD Kabupaten Majene, para Perwira staf dan Danramil Kodim 1401/Majene, para Toga,Tomas serta Toda dan masyarakat disekitar masjid, personel Kodim 1401/Majene, para jamaah Masjid Raudhatul Abidin Saleppa, Letkol Rahman mengatakan, ada beberapa keutamaan puasa di bulan suci Ramadan. “Berlomba-lombalah dalam kebaikan di bulan suci Ini,” ajak Rahman.

Bulan Ramadan katanya adalah bulan yang selalu dinanti-nanti bagi orang-orang mukmin. “Berpuasa pada bulan
Ramadan merupakan sebuah kewajiban bagi umat Islam. Bulan suci Ramadan
merupakan bulan kesembilan pada penanggalan Hijriyah. Selain itu banyak kaum muslim yang menyebut bulan Ramadan ini sebagai bulan seribu bulan,” sebut Rahman.

Pada bulan ini katanya, Al-Qur’an sebagai kitab suci umat Islam pertamakali diturunkan. Sesuai dengan QS. Al-Baqarah ayat 185 yang artinya, “Beberapa hari yang ditentukan itu ialah bulan Ramadhan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Al-Quran sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang batil).”

Pada bulan Ramadan amal sholeh akan dilipat ganda oleh Allah SWT. “Dalam sebuah hadis dikatakan bahwa bulan Ramadhan adalah waktu dimana kita mendekatkan diri kepada Allah SWT, akan bernilai sama dengan tujuh puluh kali lipat dari kewajiban yang dilakukan di bulan-bulan lainnya. Di bulan Ramadan ini juga, umat muslim berlomba-lomba dalam kebaikan dan menjalankan amalan sholeh lainnya,” ujar Rahman.

Bulan Ramadan juga disebut bulan penuh berkah dan bulan seribu bulan katanya, dengan alasan bahwa pada bulan Ramadan jika seorang muslim melakukan sebuah kebaikan maka ia akan mendapat keberkahan yang nilainya sama dengan seribu bulan.

Dan yang terakhir sebut Letkol Rahman, bulan Ramadan adalah bulan pengampun dosa.

“Pada bulan Ramadan juga seorang muslim berkesempatan untuk meraih pahala sebanyak-banyaknya.
Bahkan ibadah yang sempurna pada bulan puasa akan menjadikan seorang muslim kembali fitrah, suci, bagaikan bayi yang baru lahir. Sesuai hadist shahih ;
“Barangsiapa yang berpuasa Ramadan karena iman dan ihtisab, maka akan diampuni dosa-dosanya yang lalu.” (HR. Bukhari).” pungkas Rahman.

Bertindak selaku Imam yaitu Kapten Inf Muhammad Kasim, Bilal/Muadzin Koptu Laode Manaf.

(ipunk)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *