Ingin Selamat Berlalulintas? Ini Tips Kasat Lantas Mamuju

Mamuju

Mapos, Mamuju¬†–¬†Kasat Lantas Polres “Metro” Mamuju, AKP Suhartono meminta masyarakat mematuhi aturan lalu lintas. Hal ini dilakukan untuk mengingatkan para pengguna jalan agar selalu berhati-hati dalam berkendara demi keselamatan.

“Hai rekan-rekan para pengendara, kami Satlantas Polres “Metro” Mamuju mengingatkan pada rakan-rakan untuk selalu mematuhi peraturan lalu lintas demi keselamatan bersama,” kata Suhartonodi.

Suhartono juga mengingatkan pengguna jalan melengkapi surat-surat kendaraan. Menurut kasat lantas, keselamatan berkendara tetap menjadi nomor satu.

“Jadi persiapkan diri rekan-rekan tetap patuhi rambu-rambu tata tertib lalu lintas dan persiapkan kelengkapan berkendara Anda, termasuk surat-surat berkendaraan Anda,” jelas Suharto. Sabtu (27/1/2018).

Ia mengatakan, pelanggaran lalu lintas yang berpotensi terjadinya kecelakaan. Apa itu? Berboncengan atau bermuatan lebih, lawan arus, tidak pakai seat belt, tidak pakai helm, terobos lampu merah, rem blong, dan lainnya.

Kasat Lantas Polres “Metro” Mamuju, AKP. Suhartono.

Suharono berpesan, demi menjaga keselamatan bersama, maka pengendara wajib untuk mematuhi beberapa hal ini :

1. Jangan berkendara (menyetir kendaraan) pada saat dalam pengaruh minuman keras /alkohol/ mengantuk/ kelelahan/ sakit/ setelah mengkonsumsi obat atau pil yang dapat menyebabkan ngantuk.

2. Gunakan helm standard SNI (Standart Nasional Indonesia) baik pengemudi atau penumpang.

3. Jangan menelpon/menerima telpon atau main SMS an saat berkendara (mengemudi).
4. Jangan mendengarkan musik dengan headset/ headphone saat menyetir kendaraan.

5. Nyalakan lampu kendaraan roda dua di siang hari.

6. Gunakan sabuk pengaman (safety belt) pada kendaraan roda empat atau lebih.
7. Patuhi rambu-rambu lalu lintas seperti tidak menerobos lampu merah (traffic light), marka jalan dan rambu-rambu lalu lintas lainnya.
8. Budayakan tertib berlalu lintas sebagai kebutuhan.

9. Pastikan kendaraan dalam kondisi baik, kondisi pengemudi dalam keadaan sehat dan bawa serta SIM, STNK, KTP dan KTA anda serta uang cash secukupnya jangan berlebihan.

10. Jangan memuat / mengangkut penumpang dengan mobil pick up atau truck demi keamanan dan keselamatan di jalan.

“Jika Anda menemukan kemacetan lalu lintas atau kejadian kecelakaan lalu lintas agar segera hubungi Kasat Lantas Polres “Metro” Mamuju via whatss app di nomor : 081315092008,” terang Suhartono.

Mari kita senantiasa berdoa kepada Tuhan memohon perlindungan dan keselamatan, semoga Allah SWT senantiasa memberikan perlindungan dan keselamatan bagi kita semua.

“Jadilah pelopor keselamatan berlalu lintas,” tutup Suhartono.

(usman)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *