Ingat, Sekarang Belok Kiri Langsung Sudah Tidak Berlaku

Nasional

Mapos, Jakarta – Mungkin sebagian pengendara masih ada yang belum tahu bahwa berkendara di persimpangan jika ingin belok kiri tidak boleh langsung belok. Belok kiri langsung sudah tidak berlaku lagi.

Melalui akun facebook Divisi Humas Polri mengingatkan bagi pengendara motor atau mobil mulai sekarang sebaiknya tidak langsung belok kiri ketika melewati persimpangan, lihat terlebih dahulu ada rambu atau imbauan untuk langsung atau harus berhenti menunggu lampu hijau menyala.

Namun, sekarang pemerintah telah mengeluarkan Undang-Undang RI Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan sesuai Pasal 112 ayat 3 berbunyi pada persimpangan Jalan yang dilengkapi Alat Pemberi Isyarat Lalu Lintas, pengemudi kendaraan dilarang langsung belok kiri, kecuali ditentukan lain oleh Rambu Lalu Lintas atau Alat Pemberi Isyarat Lalu Lintas.

Dahulu PP Nomor 43 Tahun 1993, Pasal 59 ayat 3 yang berbunyi “Pengemudi dapat langsung belok ke kiri pada setiap persimpangan jalan, kecuali ditentukan lain oleh rambu-rambu atau alat pemberi isyarat lalu lintas pengatur belok kiri”.

Bagi mitra humas yang sedang berkendara diimbau untuk selalu perhatikan rambu-rambu lalu lintas yang ada.

Ingat, Sekarang Belok Kiri Langsung Sudah Tidak Berlaku.

Di persimpangan di sana sudah ada rambu yang menginformasikan bahwa belok kiri harus mengikuti APILL (Alat Pemberi Isyarat Lalu Lintas) atau lampu merah. Jika lampu masih menyala merah, pengendara tidak boleh langsung belok kiri, ketika lampu hijau baru boleh belok kiri.

Sebaliknya, ada juga beberapa persimpangan yang menginformasikan pengendara boleh belok kiri langsung. Ada rambu bertuliskan ‘Belok Kiri Jalan Terus’. Jika ada rambu itu, pengendara yang ingin belok kiri dipersilakan untuk langsung belok kiri dengan hati-hati.

(usman)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *