Hajrul Malik: Angka Pernikahan Usia Anak di Sulbar Tinggi

  • 15 Nov 2018
  • Mamuju
  • Sudirman Al Bukhori
  • 51
foto/istimewa




Mapos, Mamuju – Angka Pernikahan Usia Anak di Sulawesi Barat masih mendiami posisi pertama jumlah terbanyak di Indonesia.

Dari data Badan Pusat Statistik (BPS) Sulawesi Barat tahun 2015, merilis bahwa ada 11, 58% wanita di Provinsi Sulawesi Barat menikah dibawah usia 16 tahun.

Artinya, provinsi ini memiliki prevalensi terbesar di Indonesia untuk anak perempuan yang menikah di bawah usia 15 tahun. Bahkan di Mamuju, tahun 2017 angka melahirkan usia 13-20 tahun mencapai angka 89 anak.

Ketua Pokja Program Pencegahan Pernikahan Usia Anak Mamuju, Hajrul Malik, mengatakan, dari data tersebut sangat jelas bahwa di jenjang pendidikan pada sekolah setingkat SMP/Mts dari jumlah 40 anak di kelas 1 dan yang tamat sisa 2 orang, selebihnya, 38 anak putus sekolah karena telah menikah.

Selain itu, kata Hajrul, pada tahun 2018, di Kabupaten Mamuju, ada salah satu siswa pada sekolah menengah pertama terpaksa batal mengikuti Ujian Nasional (UN), dikarenakan telah menikah.

“Fakta ini mesti membuka mata kita untuk ikut terlibat kampanye pencegahan pernikahan usia anak, sebab pernikahan usia anak melahirkan dampak pada kesehatan, pendidikan, ekonomi dan sosial budaya,” kata Hajrul. Kamis (15/11/2018).

Masih Hajrul, beberapa fakta ini menjadi motivasi bagi kami dewan pendidikan dan sekaligus Pokja Program Pencegahan pernikahan usia anak terus melakukan sosialisasi dan penyadaran pentingnya bersama sama melakukan antisipasi untuk menurunkan angka Pernikahan usia anak di Mamuju dan Sulawesi Barat.

Hajrul mengatakan, Pokja Program Pencegahan Pernikahan Usia Anak bersama dengan Kadis Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak terus melakukan kampanye pencegahan pernikahan usia anak.

“Kali ini kita adakan di Desa Salukayu dan Desa Kalukku Barat, Kecamatan Papalang dan Kalukku,” ujar Hajrul.

foto/istimewa

Hajrul menjelaskan, pada Senin (19/11/2018) juga akan dilaksanakan kegiatan yang sama, setelah sebelumnya Kecamatan Mamuju, Simboro, Sampaga dan Papalanng.

(usman)

loading...

Instagram

  • Instagram Image
  • Perjuangan Muh. Dimas Ayogya Julianto hingga juara umum 3 nasional pra yuinor A Grand Indonesia Open Archery Championship
  • Penyerahan hadiah
  • Demi olahraga dan panahan di Sulbar khususnya...lbh baik 👍
  • Bersama coach andalan, pak Andre Vieneth 😍😍😍😍😍

Ikuti Kami...