Habsi Wahid : Kades Harus Bisa Jadi Tempat Curhat

Mamuju

Mapos, Mamuju – Bupati Mamuju Habsi Wahid, mengatakan, para Kepala Desa (Kades) mestinya bisa menjadi tempat curahan hati (curhat) atau keluh kesah warganya. Sebab mereka dipilih untuk menjadi panutan dan penyambung aspirasi warga.

“Jadilah pendengar yang baik, sebab warga memilih anda sebagai Kades itu dengan banyak harapan. Yang paling utama adalah aspirasi atas kebutuhan dasar rakyat yang anda pimpin,” tutur Habsi usai melantik delapan Kades terpilih hasil Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di Kecamatan Tapalang dan Kecamatan Tapalang Barat, Kamis (18/01/2018).

Kades pun harus dapat menguasai kondisi desa termasuk administrasinya. Sehingga pengelolaan dana desa dapat lebih efektif dan sesuai dengan rambu aturan yang ada.

“Kades harus mampu melaksanakan tiga tugas utama. Yakni menjalankan pemerintahan, melaksanakan pengelolaan anggaran dan menyelengarakan tugas kemasyarakatan. Ini gampang-gampang susah karena yang akan saudara hadapi berbagai macam karakter warga yang berbeda-beda. Saudara wajib berlaku adil pada masyarakat saudara,” ulas Habsi.

Prosesi Pelantikan Kades

Kepala Desa Ahu Tapalang Barat, Jasmin mengaku bahwa akan berusaha melaksanakan program yang telah dijanjikan kepada masyarakat. Termasuk mendengarkan keluhan maupun masukan dari masyarakat. Menurutnya, Kepala Desa mesti pandai menyesuaikan diri dengan masyarakat agar dapat tercipta hubungan yang harmonis.

“Sebagai kades ya harus menciptakan hubungan yang baik dengan semua golongan masyarakat. Mesti pandai-pandai menyesuaikan diri dengan masyarakat supaya kita bisa bekerjasama dengan baik,” katanya.

Adapun delapan Kades yang telah dilantik yakni empat di Kecamatan Tapalang diantaranya Kepala Desa Kopeang, Rahman M., Kepala Desa Bela, Hanapi, Kepala Desa Rantedoda, Asmil, dan Kepala Desa Taan, Rahmat. Sementara empat lainnya di Kecamatan Tapalang Barat yaitu, Kepala Desa Lebani, Jumadir, Kepala Desa Ahu, Jasmin D., Kepala Desa Pangasaan, Asa’d dan Kepala Desa Dungkait, Arman. Mereka akan menjabat selama enam tahun sejak resmi dilantik.

(dian hardianti)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *