Gerak Sulbar Minta Bawaslu RI Segera Copot Faisal Jumalang

Peristiwa

Mapos, Mamuju¬†–¬†Ketua Gerakan Rakyat Anti Korupsi Indonesia Sulbar (Gerak), Arman meminta kepada Bawaslu RI segera mencopot Faisal Jumalang sebagai anggota Bawaslu Mamuju.

Pasalnya, Faisal Jumalang hingga saat ini masih terdata sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS) dilingkup Pemerintah Kabupaten Mamuju.

Walaupun yang bersangkutan telah mengajukan surat pengunduran diri sebagai PNS namun hingga saat ini surat persetujuan pengunduran diri itu belum disetujui oleh pihak yang berkompoten, artinya surat pengunduran diri Faisal Jumalang belum memenuhi persyaratan secara sah sesuai aturan yang berlaku.

Selain itu kata Arman, PNS wajib melakuamn pengunduran diri pada instansi tempatnya bekerja setelah terhitung masa kerja selama 20 tahun.

Arman menyebut, Faisal Jumalang telah menabrak peraturan pemerintah nomor 11 tahun 2017 tentang manajemen Pegawai Negeri Sipil (PNS).

Dimana pada pasal 261 ayat 1 menyebutkan, permohonan berhenti sebagai PNS diajukan secara tertulis kepada pejabat pembina kepegawaian yang dalam hal ini bupati melalui pejabat yg berwenang secara hirarki.

Arman juga menuding pihak timsel bermain mata hingga meloloskan yang bersangkutan.

“Saya menduga keras, timsel ada bermain mata hingga meloloskan Faisal Jumalang sebagai anggota Bawaslu,” kata Arman. Senin (20/8/2018).

Arman menuding, kinerja timsel dan Bawaslu RI sangat diragukan, keindenpendennya.

“Saya sebut, timsel dan Bawaslu RI tidak profesional dan masuk angin,” ujarnya.

Arman secara tegas meminta kepada timsel agar segera merekomendasikan pencopotan Faisal Jumalang ke Bawaslu RI.

“Saya minta timsel segera berkoordinasi kepada Bawaslu RI agar Faisal Jumalang segera dicopot,” tegas Arman.

Tak hanya itu, lanjut Arman, selama pendaftaran sebagai calon Bawaslu, Faisal Jumalang tidak memenuhi 19 persyaratan yang menjadi dasar aturan sebagai calon, dan ajaibnya, kata Arman, timsel tetap menerima berkas yang bersangkutan serta meloloskan.

Yang menjadi pertanyaan, sebut Arman, ada apa antara Timsel dan Faisal Jumalang?

“Sekali lagi Saya meminta agar timsel segera lakukan koordinasi ke Bawaslu RI terkait permasalahan ini. Bila hal itu tidak dilakukan maka saya menduga Timsel adalah kaki tangan Faisal Jumalang,” pungkasnya.

Ketua Gerak Sulbar, Arman.

Perlu diketahui, dari hasil pengumuman Bawaslu RI di Jakarta pada, Rabu (25/7/2018), nama Faisal Jumalang lolos sebagai anggota Bawaslu Mamuju.

(Berita ini masih berlanjut dan akan diverifikasi selanjutnya)

(toni)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *