Gempa Hantam Majene Jajaran OPD Panik

  • 26 Apr 2018
  • Majene
  • R Fajar Soenoe
  • 20




Mapos, Majene – Terlihat kepanikan disemua jajaran dinas dan instansi lingkup pemerintah kabupaten (Pemkab) Majene sekitar pukul 10.00 Wita pagi tadi. Mereka berhamburan keluar kantor setelah mendengar bunyi sirine sebagai peringatan dini adanya bencana gempa dan tsunami.

Tidak hanya pegawai yang panik, sejumlah masyarakat juga turut berlari kian kemari mencari tempat berlindung. “Kita lari keluar ruangan kantor untuk menghindari reruntuhan
bangunan,” kata salah seorang staf Dinas PUPR Majene sambil terengah-engah kehabisan nafas.

Ternyata, kehebohan dan panik dikira ada bencana itu hanyalah gladi simulasi tanggap bencana gempa dan tsunami yang digelar Kamis (26/4/2018) untuk memperingati Hari Kesiapsiagaan Bencana Nasional (HKBN) 2018 yang digelar secara serentak di Kabupaten Majene.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Majene Inindria mengatakan, kegiatan dilaksanakan meliputi gelar simulasi diseminasi gempa bumi dan tsunami dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Majene, dengan melibatkan seluruh OPD di lingkungan Pemkab Majene.

Sementata Kepala BPBD Majene Mansyur T dikonfirmasi terpisah mengatakan, alur pelaksanaan simulasi didahului dengan dibunyikannya sirine sebagai peringatan dini tsunami dan gempa bumi.

“Simulasi ini merupakan bagian dari upaya peringatan dini bagi masyarakat agar terhindar dari bencana,” kata Mansyur T

Kesempatan sama, Bupati Majene Fahmi Massiara usai membuka kegiatan peringatan HKBN 2018 di aula Kantor BPBD Majene berharap simulasi diseminasi gempa dan tsunami terus berkelanjutan karena penting dan efektif. “Tidak hanya untuk masyarakat pesisir tapi juga seluruh masyarakat Majene agar semakin waspada terhadap terjadinya bencana alam,”

Dalam kegiatan simulasi, pelaksana kegiatan melibatkan sejumlah petugas, mulai dari tim petugas kesiapsiagaan BPBD Majene, TNI, Kepolisian, Satpol PP, Kesehatan, para siswa serta beberapa dinas terkait.

(ipunk)

loading...

Instagram

  • Instagram Image
  • Perjuangan Muh. Dimas Ayogya Julianto hingga juara umum 3 nasional pra yuinor A Grand Indonesia Open Archery Championship
  • Penyerahan hadiah
  • Demi olahraga dan panahan di Sulbar khususnya...lbh baik 👍
  • Bersama coach andalan, pak Andre Vieneth 😍😍😍😍😍

Ikuti Kami...