Duh, Memprihatinkan.. Sampah Bertumpuk

Berita Terbaru Berita Utama Mamuju Peristiwa Sulawesi Barat

Foto : Tumpukan Sampah di saluran Got Pelelangan Ikan Mamuju.

Mapos, Mamuju – Gundukan sampah botol plastik dan sampah rumah tangga di saluran air pelelangan ikan Jalan Sam Ratulangi, Mamuju tak jauh dari kantor Syahbandar Pelabuhan TPI Kecamatan Mamuju, dibiarkan menumpuk tak terangkut. Sampah itu menyebarkan bau menyengat.

Syaiful (35), warga setempat menuturkan, petugas kebersihan sudah beberapa bulan ini tidak melakukan pembersihan sehingga sampah menumpuk sebanyak itu.

“Sudah sangat mengganggu karena kalau lagi hujan baunya semakin menusuk,” kata Syaiful, saat ditemui di lokasi, Kamis (04/01/2018).

Ia mengatakan, tumpukan sampah itu telah berulang kali dikeluhkan warga setempat. Padahal, menurutnya, sampah ini dibiarkan menumpuk. Warga juga terpaksa menutup hidung untuk menahan aroma yang tidak sedap ketika melewati jalan itu.

“Kalau pagi belatung pada muncul, kalau siang banyak lalat,” ujar Syaiful.

Syaiful menyatakan, sudah beberapa kali kami menyampaikan kepada petugas kebersihan (pasukan orange) agar sampah di sekitaran got diangkut namun hingga saat ini tidak di gubris.

Menurutnya, apabila petugas melakukan pembersihan pun, sampah tidak diangkut secara menyeluruh.

“Tapi enggak pernah ada perhatian dari petugas di Dinas Kebersihan Kabupaten Mamuju,” ujar Syaiful.

Pantauan mamujupos.com, tumpukan sampah berbagai jenis itu meluber sampai memenuhi saluran got.

Aroma tidak sedap dapat tercium bahkan ketika berdiri dengan jarak ratusan meter dari lokasi saluran tumpukan sampah. Pencemaran lingkungan juga terjadi karena tumpahan air limbah kotor dari sampah itu, mengalir di saluran air menuju pemukiman warga setempat. Tidak hanya itu, belatung juga terlihat di sekitar lokasi tumpukan sampah.

(usman)

3 thoughts on “Duh, Memprihatinkan.. Sampah Bertumpuk

  1. Jangan cuman Dinas kebersihan yang dijadikan kambing hitam… Khususnya petugas.. harusnya ada kesadaran masyarakat untuk tidak membuang sampahnya sembarangan dan menumpuk di got.. pemerintah dan masyarakat setempat harus bersinergi..

  2. Diperlukan kesadaran kita semua… Pasukan orang yang hanya 200 orang tidak mampu mencover semua sudut kota mamuju … Mari buang sampah pada tempatnya … Hal kecil ini … Jika dilakukan bersama insyaallah akan berdampak posotif bagi kita semua ..
    #opini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *