Drainase Tidak Berfungsi, Kalukku Kembali Terendam Banjir

Berita Terbaru Berita Utama Mamuju Peristiwa Sulawesi Barat

Mapos, Mamuju – Drainase atau saluran pembuangan air di lingkungan Lebbeng Timur, Kecamatan Kalukku, Kabupaten Mamuju kini tidak berfungsi maksimal. Ini terbukti saat hujan turun, sejumlah ruas jalan dan rumah-rumah warga terendam banjir.

Setiap hujan deras yang mengguyur, menyebabkan rumah-rumah warga yang berada di lingkungan Lebbeng timur dan sekitarnya tergenang air hingga merendam rumah warga.

“Setiap kali hujan, ya begini. Sama saja, mau siapa juga bupatinya, ketua DPRDnya, tetap saja begini, karena tidak peduli sama nasib warganya. Sudah belasan tahun begini,” kata Andika, salah seorang warga di lebbeng timur. Kamis (11/1/2018).

Rumah warga yang menjadi langganan banjir.

Ketinggian air di kawasan ini mencapai 30 sentimeter. Kawasan ini menjadi langganan genangan air jika turun hujan. Saluran air di kawasan ini tidak berfungsi. Akibatnya, air tidak dapat mengalir dan meluap masuk ke rumah-rumah warga.

Ia mengatakan, lingkungan lain juga mengalami nasib yang sama. Ketinggian air mencapai 25 cm di sejumlah ruas dan 30 cm di bagian lain.

“Masalah ini, sudah pernah dibahas waktu musrembang kemarin, namun tindak lanjutnya sampai sekarang tidak jelas, seolah-olah pemerintah dan wakil rakyat menutup mata atas kejadian ini,” tuturnya.

Kasian warga, bila kejadian ini terus terjadi, akan berpotensi munculnya beragam penyakit menular yang berdampak ke warga.

“Saya harap, pemerintah daerah dan legislatif yang terhormat untuk tidak menutup mata,” tutup Andika.

(usman) 

loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.