Ditlantas Polda Sulbar Ajari Anak Aturan Berlalu Lintas Sejak Dini

Mamuju

Mapos, Mamuju – Puluhan anak TK Pertiwi Darma Wanita Mamuju, tampak ceria saat mengikuti ‘Sosialisasi Tertib Berlalu Lintas Pada Anak Usia Dini’ yang diselenggarakan oleh Subdit Dikyasa Ditlantas Polda Sulbar.

Sosialiasai itu diadakan di halaman parkir kantor Ditlantas Polda Sulbar, Rabu (10/10/2018).

Dengan menggunakan pakaian TK, mereka semua bersemangat saat diajarkan cara-cara dan etika berlalu lintas serta pengenalan rambu-rambu lalu lintas.

Peserta yang terdiri dari 40 murid TK ini diajari camejasa (cara menyeberang jalan supaya aman) oleh para anggota polantas yakni, Kasi Dikmas AKP Eduard Steffry Allan beserta dua personil Subdit Dikyasa, Bripka Ronald dan Bripda Rizky dan dua personil Satuan PJR Ditlantas Polda Sulbar, Bripda Erda dan Bripda Danar.

Mereka diinstruksikan untuk melakukan simulasi di area halaman parkir cara yang baik untuk menyeberang. Anak diperagakan berdiri di pinggir jalan, lalu melihat ke arah kanan, melihat ke kiri dan ke kanan lagi lalu mereka bisa menyeberang disertai pengenalan zebra cross.

Sosialisasi tersebut merupakan salah satu program Dirlantas Polda Sulbar Kombes Chiko Ardwiatto, dalam menekan angka pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas, dengan mengajak Anak Usia Dini datang ke Kantor Ditlantas Polda Sulbar guna diberikan pengenalan-pengenalan berkaitan dengan tertib berlalu lintas.

Dikatakan Kasi Dikmas AKP Eduard Steffry Allan, sosialisasi ini adalah salah satu cara untuk mengedukasi anak sejak dini aturan lalu lintas. Sebab menurutnya pendidikan lalu lintas lebih baik diajari sejak mereka duduk di bangku TK.

“Selain tadi diperkenalkan tentang rambu-rambu lalu lintas kami juga mengajarkan mereka cara menyeberang, dan beretika saat berlalu lintas, mengajak anak-anak menonton video tentang pendidikan lalu lintas menggunakan Mobil Dikmas Lantas,” ujar AKP Eduard Steffry Allan.

Selain itu, kata AKP Eduard Steffry Allan, personil lantas juga mempraktekan cara menyebrang jalan yang benar menggunakan Zebra Cross Portable serta membawa mereka berkeliling menggunakan mobil patroli Satuan PJR Ditlantas Polda Sulbar untuk langsung menunjukkan rambu-rambu maupun marka yang ada di jalan raya.

Lebih jauh AKP Eduard Steffry Allan mengatakan, sosialisasi ini merupakan hal yang sangat penting untuk memperkenalkan keselamatan berlalu lintas sejak usia dini. Kedisiplinan di jalan raya tetap penting diperkenalkan kepada anak-anak hingga tertanam di benak mereka, betapa pentingnya keselamatan berlalu lintas.

Pengenalan sejak dini tentang kedisiplinan dan keselamatan di jalan, menurut Eduard, akan memberikan banyak dampak positif.

“Pengenalan ini akan menjadi bekal mereka kelak dan diharapkan mereka akan menjadi generasi yang disiplin, tertib dan memahami arti keselamatan,” tegasnya.

“Bila masyarakat tertib dan disiplin dalam berlalu lintas serta mengutamakan keselamatan, angka kecelakaan pun bisa ditekan, dan akan tercipta kondisi lalu lintas seperti yang kita inginkan bersama,” sambung Eduard.

Dia berharap, dengan adanya sosialisasi keselamatan lalu lintas, anak-anak dapat menjadi agen dan pelopor keselamatan berlalu lintas dan juga menjadikan polisi sebagai sahabat anak.

foto/istimewa.

“Saya selalu berpesan kepada masyarakat untuk menjadi pelopor keselamatan berlalu lintas dan menjadikan keselamatan sebagai kebutuhan. Kami akan selalu mendukung setiap kegiatan yang bertujuan menciptakan suasana tertib dan disiplin berlalu lintas,” terang Eduard.

(usman)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *