Derita Annah Hidayah, Bocah 6 Bulan Mengidap Hidrosefalus Asal Karossa

Sulawesi Barat

Mapos, Mateng – Berat badan bocah berusia enam bulan itu terus menyusut hingga meninggalkan tulang. Kepalanya membesar, sedangkan kaki, tangan dan anggota tubuh lain mengecil. Ia sudah tak bisa menggerakkan anggota tubuhnya. Oleh dokter, Annah Hidayah asal Dusun Mora Tengah, Desa Karossa, Kecamatan Karossa, Kabuoaten Mamuju Tengah ini didiagnosis hidrosefalus.

Saat lahir, Annah memiliki tubuh sehat dan berat badan yang cukup. Saat usianya masih hitungan bulan, ia mengalami kejang-kejang pada 2017 silam. Orangtua sempat membawa Naira ke Puskesmas. Kondisi anak pasangan Basri (35) dan Masrah (30) tak kunjung membaik meski sudah beberapa kali dibawa ke Puskesmas.

Bukan hanya ke Puskesmas dan rumah sakit, Naira juga menjalani pengobatan alternatif di kabupatennya. Tapi penyakit yang diderita anak keluarga miskin ini tak kunjung sembuh. Terakhir, Basri membawa buah hatinya ke RSUD Mateng.

“Dokter bilang anak saya menderita hidrosefalus,” kata Basri, Senin (9/4/2018).

Hidrosefalus adalah salah satu kondisi yang sebagian besar terjadi pada bayi dan bisa menyebabkan kecacatan. Hidrosefalus (kepala yang membesar) terjadi apabila terdapat penumpukan cairan di dalam otak anak. Kelebihan cairan dalam otak ini bisa memampatkan daerah di sekitarnya, jaringan otak menjadi rapuh, kerusakan otak dan jika tidak segera diatasi bisa berakibat fatal.

Beberapa waktu lalu, kata Basri, Annah dirujuk ke RSUD Wahidin Makassar untuk menjalani operasi.

“Kami ingin Annah cepat sembuh,” harapnya.

Basri mengakui, walaupun biayanya cukup mahal bagi ukuran dirinya, ia tetap berusaha, sembari menunggu uluran tangan para dermawan yang peduli terhadap kondisi Annah.

Annah Hidayah.

Semalam kata Basri, ada sedikit reseki datang dari Allah lewat FKP2K Karossa.

“Semoga Allah membalas niat baik mereka,” pintahnya.

(toni)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *