Dandim Majene Khutbah di Masjid Desa Bambangan

Majene

Mapos, Majene – Sebagai umat Islam, Komandan Satuan Tugas (Dansatgas) Pra TNI Membangun Desa (TMMD) yang juga Komandan Kodim (Dandim) 1401 Majene Letkol Inf Rahman Tamampu Leho juga bisa membawakan ceramah islamiah.

Dalam khotbahnya ketika ditunjuk sebagai khatib shalat Jum’at berjamaah di Mesjid Darussalam Desa Bambangan Kecamatan Malunda Kab Majene, Letkol Rahman mengajak para jamaah untuk saling mengingatkan kepada jalan yang benar sesuai tuntunan Al Qur’an.

Dihadapan Camat Malunda Jamaluddin Sinrang S. Pd.,M. Si, Danramil 1401-04 Malunda, Kapolsek Malunda AKP Ali Maksun, Kepala Desa Bambangan, personil Kodim 1401 Majene, serta ratusan masyarakat setempat menyatakan, dirinya bersyukur karena kegiatan Pra TMMD yang ke 102 Kabupaten Majene dapat terlaksana dengan baik.

“Dan mari kita selalu meningkatkan ketakwaan kepada Allah SWT, dalam arti selalu istigamah dalam menjalankan perintahnya dan menjauhi segala apa yang dilarang,” tegas Letkol Rahman Jum’at (29/6/2018).

Dikatakan, dengan segala upaya dan kesabaran, Ia mengajak bersama jamaah untuk mewujudkan cita dan idealisme sebagai seorang muslim yang hidup dalam negara baldatun thayyibatun wa rabbun ghafur.

“Islam mendorong umatnya untuk terus melakukan perubahan ke arah kehidupan yang lebih maju, baik dari aspek lahiriah maupun batiniah,” katanya.

Anjuran tersebut kata Letkol Rahman berlaku juga bagi seseorang yang tidak mempunyai kemampuan materi, yaitu dengan menyumbangkan pemikiran dan simpatinya.

“Bahkan Al Quran mengecam dengan keras orang-orang yang tidak berpartisipasi dalam pengentasan kemiskinan sebagai kelompok yang mendustakan agama (QS. Al-Ma’un:1-3),” tuturnya.

Dalam diri manusia lanjut Letkol Rahmam, terdapat dua naluri yaitu naluri seksual dan naluri kepemilikan. Naluri kepemilikan akan mendorong manusia untuk berusaha dan bekerja keras. Dalam Islam, segala macam pekerjaan dan usaha yang tidak bertentangan dengan ajaran Islam adalah terpuji.

“Realitasnya, masyarakat Indonesia yang miskin berada di dalam negara yang mempunyai sumber daya alam yang melimpah adalah merupakan hal yang sangat memprihatikan. Hal ini sangat bertentangan dengan tuntuanan Al – Quran yang selalu menyerukan tatanan masyarakat yang etis dan egalitarian. Maka Islam sangat menentang ketidakadilan sosial terjadi di tengah-tengah masyarakat,” ujar Letkol Rahman.

Di akhir khutbahnya, Ia mengajak jamaah untuk menyadari bahwa keterlibatan seseorang dalam upaya meningkatkan etos kerja dalam rangka untuk kemajuan dan pengentasan kemiskinan merupakan salah satu bentuk ibadah dan tanggung jawab pribadi muslim dalam rangka meraih kebahagiaan di dunia dan Akhirat.

Sementara itu Camat Malunda Jamaluddin S. Pd.,M.Si mengapresiasi dan berterimakasih kepada TNI khususnya Dandim 1401/Majene berserta jajaran Kodim 1401/Majene yang telah melaksanakan Para TMMD yang ke 102 di Desa Bambangan Kecamaran Malunda Kabupaten Majene, yang bekerja keras membantu membangun di wilayah Kecamatan Malunda.

Senada dengan Kapolsek Malunda AKP Ali Maksun. Ia juga mengucapkan banyak-banyak terima kasih kepada Dandim 1401/Majene, yang telah melaksanakan pengerjaan TMMDdi Desa Bambangan Kecamatan Malunda

“Dengan adanya kegiatan tersebut secara otomatis warga sangat terbantu terutama para petani bisa mengangkut hasil tanamnya dengan sangat mudah karena akses jalan sudah ada sehingga harga jual tanah juga akan turut naik.

Ia berharap kepada seluruh tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh adat di Desa Bambangan, stakeholder, praktisi, akademisi untuk bersama-sama bahu membahu untuk menyukseskan kegiatan TMMD yang ke 102 oleh TNI.

(ipunk)

loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.