Caleg DPR Provinsi Sulbar Terancam Dicoret Dari DCT Peserta Pemilu

  • 28 Feb 2019
  • Politik
  • R Fajar Soenoe
  • 649
Gambar Caleg DPR Provinsi Sulbar Terancam Dicoret Dari DCT Peserta Pemilu

Mapos, Majene – Salah seorang calon legislatif (Caleg) Provinsi Sulbar berinisial Dar terancam di coret dari Daftar Caleg Tetap (DCT) sebagai peserta Pemilu legislatif 2019-2024.

Menurut Komisioner Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Majene, Dardi, Kamis (28/2/2019) oleh Bawaslu menemukan adanya tindak pidana yang diduga dilakukan oleh Dar lantaran menyuruh supirnya untuk mengampanyekan dirinya.

“Dalam hasil rapat Gakkumdu Kabupaten Majene tadi malam (Rabu 27 Pebruari 2019) diputuskan untuk dugaan pelanggaraan Pemilu melibatkan ASN dalam kampanye sekarang telah masuk dalam tahap penyidikan di kepolisian,” terang Dardi.

Menurut dia, pada prinsipnya dugaan pelanggaran tindak pidana pemilu yang dilakukan oleh Dar, berdasarkan hasil rapat dengan sentra Gakkumdu tadi malam tanggal 27 februari 2019 sekitar pukul 21.00 Wita yang dihadiri oleh seluruh unsur sentra Gakkumdu Majene yaitu pihak kepolisian, kejaksaan dan hadir pula pimpinan Bawaslu Sulbar Koordiv Penanganan Pelanggaran, Ansharullah telah diputuskan bahwa kasus tersebut dilanjutkan ke tahap penyidikan.

“Yang pada dasarnya dugaan pelanggaran ini ada dua. Pertama dugaan tindak pidana Pemilu yang diduga dilakukan oleh Dar karena melibatkan ASN dalam kampanye. Yang kedua dugaan pelanggaran netralitas ASN yang dilakukan oleh inisial Rd,” ujar Dardi.

Terpisah, sumber yang layak dipercaya di Polres Majene dan enggan ditulis menyebut Bawaslu menemukan adanya dugaan tindak pidana pemilu dengan melibatkan Dar yang tak lain ialah salah seorang unsur pimpinan DPRD Majene.

Dikatakan, petugas juga menemukan sejumlah alat peraga berupa contoh surat suara yang di dalamnya hanya tertera gambar Dar sebagai Caleg untuk Provinsi Sulbar.

“Lebih jelasnya, silakan konfirmasi ke Bawaslu atau KPU,” katanya.

(ipunk)