Catatan Jurnalist
Caleg-caleg yang Mencoba Peruntungan di Tahun 2019

Opini
  • Salim Majid (Wartawan Kompetensi Utama)

PARTAI Politik di Sulbar sudah mendaftakan Calegnya ke KPUD. Sejumlah wajah lama masih menghiasi perebutan kursi di parlemen.

Bahkan mantan pejabat ditingkat lokal mencoba peruntungan di tahun politik 2019.

Sebutlah Mantan Gubernur Sulbar Anwar Adnan Saleh dan Mayjen (Pur) Salim S Mengga. Keduanya di calonkan partai NasDem. Dikabarkan pula mantan Bupati Mamuju Suhardi Duka (Partai Demokrat). Ada pula Jagoan PDI.P Herny Agus Ambo jiwa (isti Bupati Pasangkayu)

Dari Petahana ada Ketua Gerindra Sulbar Andi Ruskati Ali Baal. Selain itu, Politisi Partai Amanat Nasional (PAN) Asri Anas. Politisi Golkar ada Ibnu Munsir.

Mereka mencoba menatap senayan di tahun 2019 mendatang. Perebutan 4 kursi wakil sulbar ini menjadi menarik untuk di bincang.

Semua partai mencoba memasang jagoannya di pileg 2019. Bahkan partai tak segan-segan memasang artis untuk mendulang suara.

Tentu tak ada jaminan siapakah diantara mereka yang akan lolos ke senayan. Persis dalam tarung piala dunia yang sarat pridiksi.

Boleh jadi nama-nama yang tak di perhitungkan justru melenggang ke Parlemen.

Kendati wajah lama masih mendominasi pertarungan politik di Sulbar dan Mantan pejabat lokal.

Bagaimana dengan wajah baru? Untuk melawan figur yang sudah punya nama tentu di butuhkan kekuatan yang lebih. Menyakinkan publik, mengambil hati publik. Publik butuh kenyataan bukan mimpi atau janji.

Wajah baru harus mampu membangun kepercayaan publik bukan segedar retorika yang enak didengar di telingah.

Sebab calon wakil rakyat tak cukup dengan mengandalkan popularitas. Investasi sosial bertahun-tahun di bangun adalah modal besar bagi seorang calon wakil rakyat.

Membangun pendidikan politik yang baik dan benar lebih urgen daripada mengajari berpikir pragmatis.

Ilustrasi.

Selamat berdemokrasi semoga pilihan publik tak salah memilih.

(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *