Bendera Merah Putih Raksasa Dibentangkan di Situs Sejarah Majene

Majene

Mapos, Majene¬†–¬†Memperingati hari ulang tahun (HUT) ke-73 Kemerdekaan RI, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sulawesi Barat bersama sembilan komunitas masyarakat, membentangkan bendera merah putih sepanjang 17 meter kali delapan meter di Buttu Paung, Pamboang, Kabupaten Majene. Jumat (17/8/2018).

Buttu Paung merupakan salah satu situs sejarah yang sangat penting di masa perjuangan melawan penjajah Belanda.

Di puncaknya terdapat pos pengintaian musuh yang mampu melihat secara utuh landakap kota Pamboang. Buttu atau gunung ini juga menyisakan tebing yang kira-kira setinggi 1000 dpl, tempat Merah Putih terbesar ini dikibarkan.

Yang lebih menarik, posisi bendera Merah Putih terpasang menghadap ke Selat Makassar serta dapat dilihat saat warga melintas di jalan trans Sulawesi dari kota Majene ke Mamuju, begitupun sebaliknya.

“Saya sangat salut dengan kegigihan teman-teman komunitas yang berusaha kuat hingga bendera ini dapat dikibarkan jelang pukul 10.00 Wita,” kata Divisi Partisipasi Masyarakat KPU Provinsi Sulbar, Adi Arwan Alimin.

Adi mengatakan, sesungguhnya ini merupakan agenda komunitas warga yang melibatkan KPU Provinsi untuk bersama-sama dalam pengibaran Merah Putih di Pamboang, Kabupaten Majene, sebagai bentuk partisipasi penyelenggara Pemilu bersama masyarakat.

Adapun tema yang diusung, kata Adi adalah “Kemerdekaan dan Kepemiluan”

Selain momentum hari kemerdekaan, event yang digelar saban tahun ini juga diharapkan bisa mempromosikan pariwisata di Majene sebagai situs bersejarah.

“Kami berharap kegiatan ini dari tahun ke tahun di harapkan bisa lebih bervariasi lagi juga bisa menjadi ajang promosi pariwisata Majene, sehingga bisa lebih di kenal oleh masyarakat lebih luas lagi baik nasional maupun internasional,” kata Adi.

Divisi Partisipasi Masyarakat KPU Sulbar, Adi Arwan Alimin bersama sembilan komunitas.

Selain pengibaran bendera raksasa, pada momentum kemerdekaan ini KPU dan sembilan komunitas juga melakukan kegiatan sapu gunung atau membersihkan sampah.

(usman)

loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.