Begini Kelurahan Labuang Peringati HPSN

Majene

Mapos, Majene – Sebagai kelurahan yang ditempati pusat peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 2018 tingkat Kabupaten Majene Kamis (19/4/2018) kemarin, Kelurahan Labuang di Kecamatan Banggae Timur tak mau ketinggalan untuk beraksi.

Staf Kelurahan Labuang tengah kerja bakti.

Seluruh masyarakat, para kepala lingkungan termasuk Kepala Lingkungan Tangnga-tangnga Masrul Manna, Kepala Lingkungan Tanjung Batu Timur Patrianto, Kepala Lingkungan Parappe Abdullah, staf Kelurahan Labuang, Dinas PUPR, Badan Lingkungan Hidup dan Kebersihan (BLHK), relawan 86 bahkan Bupati Majene Fahmi Massiara dan Wakil Bupati Majene Lukman turut ‘mengeroyok’ sampah yang banyak bertebaran di Pantai Tangnga-tangga.

Kepala Bidang Peralatan Dinas PUPR Kabupaten Majene Andi Tamma Basharoe tak tanggung-tanggung dalam aksi itu.

Dua alat berat jenis loader dan eskavator diturunkan untuk mengangkut sampah di bibir pantai Tangnga-tangnga.

“Ini adalah salah satu wujud kepedulian pemerintah dalam menangani sampah,” katanya.

Kepala Lingkungan Tannga-tangga Masrul Mannan mengaku, pihaknya kewalahan memberikan pemahaman terhadap warganya agar tidak membuang sampah ke pantai.

“Saya sudah berkali-kali minta kepada warga agar tidak membuang sampah ke pantai tapi tidak diindahkan. Kadang mereka membuangnya secara sembunyi-sembunyi,” kata Masrul Mannan.

Lain hal dengan Kepala Lingkungan Tanjung Batu Timur Patrianto. Dirinya mengaku lingkungannya sudah masuk kategori bersih atas swadaya dan partisipasi aktif masyarakatnya.

“Saya selalu mengajak warga agar berperilaku sehat dengan jalan menjaga kebersihan lingkungan. Sampah tidak boleh dibuang sembarangan termasuk dibuang ke pantai,” aku Patrianto.

Lurah Labuang Nurafifah Darwis dikonfirmasi terpisah mengatakan, gaung kelola sampah dan budaya hidup sehat kerap dia lakukan kepada warganya yang kebanyakan bermukim di area pantai.

Pola pikir masyarakat kata dia harus segera diubah dengan memberikan pemahaman bahwa kebersihan merupakan bagian dari iman.

“Saya berharap, warga tetap memelihara kebersihan dan tidak membuang sampah di sembarang tempat. Karena sampah bukan saja tanggungjawab pemerintah, tapi juga tanggungjawab kita semua,” tandas Nurafifah Darwis.

(ipunk)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *