Antisipasi DBD, Dinkes Mamuju Lakukan Fogging

Kesehatan

Mapos, Mamuju – Mengantisipasi terjadinya penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD), Pemerintah Kabupaten Mamuju melakukan pencegahan. Salah satunya yakni melalui pengasapan (fogging) di sejumlah titik.

Kamis, (31/5/2018), Dinas Kesehatan menerjunkan personelnya di seputaran Srikandi, jalan Ir. Juanda Kelurahan Binanga, Kabupaten Mamuju.

Sekretaris Dinas Kesehatan Mamuju H. Mansur menyebut, pengasapan (fogging) yang dilakukan untuk mengantisipasi berkembangnya jentik nyamuk DBD.

Ia mengatakan, penyemprotan tidak saja dilakukan di seputaran jalan Ir. Juanda, tetapi juga di tempat lain yang sudah di fogging diantaranya, jalan Pattalunru, hotel Srikandi, jalan Sultan Hasanuddin di puncak depan rumah pak Yahannes, BTN Passokorang dan jalan Soekarno Hatta dekat kampus Akper Fatimah Mamuju.

“Khusus untuk kompleks yang telah di fogging, pihak puskesmas memang sudah melakukan pemantauan dan pemeriksaan sebelumnya,” jelas H. Mansur.

H. Mansur menyebut, berdasarkan pemantauan yang dilakukan, angka bebas jentik (ABJ) berada di bawah 90 persen. Artinya, cukup banyak jentik nyamuk yang berpotensi membawa penyakit DBD. Apalagi pada musim penghujan ini.

H. Mansur pun berharap setelah ini tidak ada lagi kasus DBD. Masyarakat diharapkan peduli dengan kebersihan lingkungan, baik di dalam maupun di luar rumah. Caranya yakni dengan melakukan pemberantasan sarang nyamuk di rumah tangga dengan cara menghilangkan tempat perindukan nyamuk.

Selain itu, kata H. Mansur, untuk mengurangi peningkatan nyamuk tersebut, dibutuhkan kesadaran dan bantuan dari masyarakat untuk membantu mengurangi angka DBD dengan cara 3 M, seperti : menguras/membersihkan tempat yang sering dijadikan tempat penampungan air, menutup rapat penampungan air dan mendaur ulang barang bekas yang memiliki potensi untuk berkembangnya nyamuk.

Petugas dinkes lakuakan fogging

Dan sebagai tambahan yang bisa dilakukan, diantaranya, menaburkan bubuk larvasida, menggunakan anti nyamuk, menggunakan kelambu saat tidur, memelihara ikan pemangsa jentik nyamuk, menanam tanaman pengusir nyamuk, mengatur cahaya dan Ventilasi rumah dan menghindari kebiasaan menggantung pakaian dalam rumah yang bisa menjadi pengembang biakkan nyamuk.

(usman)

1 thought on “Antisipasi DBD, Dinkes Mamuju Lakukan Fogging

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *