Anjas: Saya Yakin Istri dan Anakku Masih Hidup

Peristiwa

Mapos, Sulteng – Anjas Firmansyah, seorang pria yang sedang mencari dua anggota keluarganya. Atri dan Fajar, begitu Anjas tuliskan nama istri dan anak keduanya diatas sebuah sobekan kardus yang diikat pada sebuah tali di pundaknya.

Anjas adalah salah seorang warga Perumnas Balaroa, yang berhasil selamat dari gempa dan tsunami.

Berkilo-kilo meter mengelilingi kota, mulai dari Perumnas Balaroa hingga akhirnya Anjas tiba di Rumah Sakit Anutapura, Kota Palu pada Kamis (4/10/2018) siang hari.

“Saya mampir ke sini untuk mengambil obat, kaki saya sempat mendapat 5 jahitan karena terluka ketika gempa. Sambil mencari tahu keberadaan istri dan anak saya. Saya optimis mereka masih hidup,” kata Anjas penuh keyakinan.

Anjas berkisah, kejadiannya beberapa menit menjelang maghrib.

“Saya lihat tanah terangkat. Saya lari keatas atap, selamatkan diri. Kaki saya sempat terjepit kayu-kayu diatap. Saya coba keluarkan kaki, rupanya bisa. Saya terus berjalan menelusuri atap. Saya lihat ada masjid sampai bisa bergerak kearah timur, bergerak karena guncangan,” kata Anjas.

Sambil menyelamatkan diri, dia juga berupaya mencari istri dan dua anaknya. Sebab setelah keluar dari kamar mandi dan menyelamatkan diri ke atap, Anjas tidak melihat lagi istri dan dua anaknya. Beberapa meter bergerak, akhirnya Anjas bertemu dengan anak pertamanya. Langsung ia gandeng lengan anaknya untuk menyelamatkan diri bersama.

“Saya cari dengan panggil-panggil nama mereka. Saya teriak, Atri, Fajar, kalian di mana?. Keras-keras saya teriak. Sudah mengelilingi berkali-kali, tetap tidak berhasil ketemu,” tutur Anjas.

Anjas Firmansyah.

Anjas adalah satu dari sekian banyak kisah warga Palu yang berada dalam kekalutan karena kehilangan anggota keluarga pasca tsunami dan gempa. Keinginan Anjas hanya satu, bertemu dengan anggota keluarganya yang hilang, apapun kondisinya.

Anjas masih yakin bahwa istri dan anaknya masih hidup.

(usman)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *