Aksi Tutup Jalan Pedemo di Malunda, Kapolsek Terpaksa Negosiasi

Peristiwa

Mapos, Majene – Gelombang aksi perlawanan terhadap kebijakan Gubernur Sulbar atas pembagian participating interest (PI) Blok Sebuku di Pulau Lerek-lerekang gencar dilakukan oleh Aliansi Masyarakat Majene.

Gelombang aksi tersebut sampai ke Kecamatan Malunda. Atas aksi masyarakat yang menamakan diri Forum Gerakan Rakyat Bersatu (FGRB) di bawah pimpinan Hasriadi sempat menutup jalan trans Sulawesi di Batas Kota Desa Maliaya Kecamatan Malunda yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Mamuju sebagai ibu kota Provinsi Sulbar membuat jajaran kepolisian setempat terpaksa harus negosiasi dengan pedemo.

“Alhamdulillaj, Kapolsek Malunda berhasil melakukan negosiasi agar pedemo tidak tutup jalan terhadap aksi protes kebijakan Guberbur terkait pembagian hasil migas Lerek-lerekang,” kata Kasat Reskrim Polres Majene AKP Syaiful Isnaini Jum’at (8/8/2018).

Aksi diperbatasan Majene -Mamuju tersebut kata Syaiful Isnaini, sempat membuat arus lalin jalan trans Sulawesi terhambat. Namun berkat upaya dialog dan negosiasi Kapolsek Malunda dan Bhabinkamtibmas setempat akhirnya arus lalin bisa normal kembali.

Sedikitnya 40 Orang massa turun ke jalan dari berbagai elemen seperti para pemuda kecamatan Malunda dan pemuda kecamatan Ulumanda serta para Kepala Desa se Kecamatan Malunda Dan Kecamatan Ulumanda turun bergantian melakukan orasi di ruas jalan menggunakan mobil pickup dengan sound sistem.

“Sempat menimbulkan kemacetan karena aksi-aksi teatrikal massa aliansi Majene bersatu tersebut membentangkan spanduk hingga menutupi jalan. Namun bisa diredam dan tidak berlanjut anarkis. Berkat kesigapan Kapolsek Malunda AKP Ali Maksum, akhirnya polisi berhasil melakukan negosiasi dengan massa. Akses julur trans Sulawesi kembali dibuka dan arus lalu lintas kembali lancar. Aksi pun berakhir pukul 11.30 Wita,” pungkas Kasat Reskrim Polres Majene.

(ipunk)

loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.