9 Penyakit Yang Bisa Di Sembuhkan Dengan Petai

Beranda Berita Terbaru Berita Utama Kesehatan
Foto : Petai
Foto : Petai

Mapos. Petai atau pete termasuk dalam suku polong-polongan yang biasanya digunakan dalam masakan Thailand, Singapura, Malaysia, dan juga Indonesia. Meskipun pete bisa diolah menjadi makanan yang enak dan disukai oleh banyak orang, tapi ada pula yang tidak menyukainya karena pete mempunyai bau yang khas. Terlepas dari hal tersebut, pete bisa memberikan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Berikut akan dipaparkan mengenai manfaat pete untuk kesehatan.

Mengatasi depresi

Sesuai dengan studi yang dilakukan MIND pada seseorangyang mengalamai gangguan depresi, merasa jauh lebih baik setelah mengkonsumsi pete. Hal tersebut dikarenakan pete mengandung triptofan, yaitu sejenis protein yang diubah tubuh menjadi sertonin, yang dapat membuat Anda merasa rileks, meningkatkan mood, serta merasa bahagia.

Meningkatkan kualitas tidur

Kandungan triptofan dalam pete bisa juga membantu meningkatkan kualitas tidur Anda. Mengkonsumsi makanan yang tinggi asam amino

esensial, seperti pete ini bisa menginduksi tidur, membantu memberikan efek menenangkan, dan juga membantu mengatasi kecemasan yang dapat membuat Anda memperoleh kualitas tidur yang lebih baik.

Meningkatkan fungsi kognitif otak

Pete juga mengandung kalium yang merupakan salah satumineral penting bagi tubuh. Kalium diperlukan tubuh untuk menjaga cairan tubuh

dan menjaga keseimbangan elektrolik. Peningkatan kadar nutrisi ini memungkinkan oksigen untuk mencapai otak, sehingga bisa meningkatkan fungsi kognitif dan merangsang aktivitas saraf.

Tekanan darah tinggi

Pete mengandung kalium yang sangat tinggi, tetapi rendah garam, sehingga sangat sempurna untuk mengurangi tekanan darah.

Sembelit

Pete mengandung serat yang tinggi , oleh sebab itu pete dapat mempermudah menormalkan kembali aksi pencernaan, membantu mengatasi permasalahan tanpa harus kembali ke laksativ.

Menjaga kesehatan jantung

Organisasi Kesehatan Dunia atau World Health Organization (WHO) menyarankan bahwa mineral kalium ini dapat mendorong

kesehatan kardiovaskular serta dapat membantu mengurangi tekanan darah.

Mencegah anemia

Pete mengandung zat besi yang cukup tinggi, yang dapat membantu merangsang pembentukan hemoglobin dalam darah. Oleh karena itu, dengan mengkonsumsi pete dapat membantu dalam mencegah anemia.

Meredakan gangguan menstruasi

PMS seringkali membuat seorang wanita mengalami perubahan suasana hati yang tidak menentu. dengan mengkonsumsi pete secara

rutin dapat membantu dalam mengontrol suasana hati atau mood.

Meningkatkan daya tahan tubuh

Pete mengandung antioksidan yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Kandungan antioksidan dapat membantu menangkal.

radikal bebas dalam tubuh, yang pada akhirnya bisa membantu Anda dalam mencegah terserangnya berbagai macam penyakit.

Nah, itulah kasiat pete untuk kesehatan tubuh kita. Semoga bermanfaat.

(*)

loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.