4 Lembaga Anti Korupsi Dukung Jaksa Lakukan Kasasi, GERAK: KY Segera Periksa Hakim PN Mamuju

Mamuju

Mapos, Mamuju – Empat Lembaga Anti Korupsi yang terdiri dari GERAK, DERAK, LAK dan GERPAK secara tegas mendukung langkah kejaksaan untuk segera melakukan Kasasi.

”Kami berharap agar di tingkat Kasasi di Mahkamah Agung (MA) hukumannya diperberat agar ada efek jera bagi pelaku dugaan tindak pidana korupsi,” ujar Ketua GERAK, Arman. Selasa (11/9/2018).

Arman juga mendesak Kejaksaan serta seluruh lembaga penegak hukum harus menyatukan sikap untuk mendukung upaya pemberantasan tindak pidana korupsi.

”Tidak ada cara lain selain menghukum para koruptor seberat-beratnya,” ujarnya.

Vonis bebas terhadap empat terdakwa unsur mantan pimpinan DPRD Sulbar dinilai janggal yang dijatuhkan majelis hakim Tipikor Pengadilan Negeri Mamuju dalam sidangnya, Senin (10/9/2018) kemarin.

Arman juga menyorot putusan hakim tanpa mengkaji pasal tuntutan yang diterapkan jaksa kepada empat mantan pimpinan DPRD serta keterengan saksi-saksi yang mendukung JPU serta bukti yang diajukan jaksa.

“Patut diduga ada pelemahan untuk mematikan supermasi hukum dengan dibebaskannnya empat unsur mantan pimpinan DPRD,” ujarnya.

Arman mengatakan diduga hakim yang menvonis bebas empat terdakwa telah masuk angin.

“Saya duga hakimnya masuk angin,” pungkas Arman.

“Dari awal, kami telah curiga dengan diberikannya penangguhan penahaan luar selama satu minggu saat menjelang idul fitri,” sambung Arman.

Arman juga mendesak MA agar segera menonjobkan tiga majelis hakim tipikor Mamuju.

Selain itu, Arman, meminta kepada Komisi Yudisial (KY) dan KPK agar segera memeriksa ketiga majelis hakim.

Arman mengatakan, sepertinya hakim tidak pro dengan pemberantasan tindak pidana korupsi, tidak memberikan efek jera kepada pelaku korupsi, malahan memanjakan pelaku korupsi dengan memberikan vonis bebas, padahal bukti yang diajukan oleh jaksa telah cukup.

Logo GERAK

“Diduga kuat ada indikasi penyimpangan dan penerapan hukum yang tidak benar atas putusan hakim,” pungkasnya.

(toni)

loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.