Terpuruk di SEA Games 2017, Menpora Minta Maaf


images(2)Mapos. Jakarta – SEA Games telah usai, sebanyak 550 atlet dari 36 cabang olahraga menghasilkan 38 emas, 63 perak dan 90 perunggu. Sejak perhelatan SEA Games 1977, ini adalah perolehan emas terendah, meleset dari target awal 55 emas untuk bisa bercokol di posisi 4.

Posisi itu, sesuai perolehan medali hingga Rabu (30/8/2017) diduduki Malaysia dengan 140 medali emas. Indonesia hanya mengantongi 38 medali emas.

Di Istana Negara, Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi mengaku akan melakukan evaluasi soal kekalahan Indonesia.

Meski begitu, Imam mengaku mengapresiasi atas kerje keras para atlet dan prestasi yang diraih oleh tim Indonesia dalam pertandingan SEA Games XXIX di Malaysia.”Yang pasti SEA Games ini akan menjadi betul-betul bahan evaluasi total kita untuk menuju sukses prestasi Asian Games,” kata Imam ditemui di halaman Istana Jakarta, Selasa kemarin.

Menurut Menpora, kementerian telah meminta kepada Satuan Pelaksana Program Indonesia Emas (Satlak Prima) maupun Komite Olimpiade Indonesia (KOI) untuk mencatat semua hal bagi evaluasi, baik mengenai atlet, wasit maupun hal-hal non teknis penyelenggaraan. Termasuk akan mengambil alih secara langsung upaya peningkatan prestasi atlet. ” Demi memenuhi target juara dalam Asian Games 2018″ kata Imam.

Menpora mengaku prihatin dengan tak dapatnya Indonesia naik ke posisi empat menggeser saingan terdekat Singapura. “Wajar kita semua prihatin dengan hasil ini dan saya pun harus mohon maaf, saya bertanggung jawab terhadap ini semua dan sudah pasti ini akan menjadi evaluasi total kami,”pungkasnya.

(*)