Jangan Buang Kulit Dan Biji Semangka Khasiatnya Sungguh Tak Terduga


Buah Semangka

Buah Semangka

Mapos. Adakah di antara Pembaca sekalian yang menyukai buah semangka? Irisannya buahnya yang merah segar, rasanya yang manis, dan kandungan airnya yang banyak, membuat semangka banyak disukai masyarakat kita, baik tua maupun muda. Saat panas terik, mengunyah irisan buah semangka, apalagi setelah dimasukan kulkas sejenak, rasanya begitu nikmat, bukan?

Sayangnya, banyak penikmat semangka tidak tahu, bahwa kulit semangka ternyata memiliki khasiat yang sangat bermanfaat. Demikian juga biji semangka, menurut berbagai penelitian, memiliki khasiat yang menakjubkan. Karena ketidaktahuan tersebut, banyak di antara kita yang membuang begitu saja biji dan kulit semangka.

Kandungan Gizi dan Zat Kimia

Semangka memiliki nama latin Citrullus vulgaris, asalnya berasal dari Afrika, namun kemudian dibudidayakan secara luas, termasuk di Indonesia. kandungan lemak dan protein yang terkandung di biji semangka sangat tinggi, mencapai 30-40% dari total kandungan gizi biji tersebut.

Bagaimana dengan kulit semangka? Indy Ainun Hakimah, dalam buku 81 Macam Buah Berkhasiat Istimewa (Azna Books, 2012) menyebutkan, bagian kulit semangka yang berwarna putih ternyata merupakan bagian yang sangat kaya zat antioksidan. Sedangkan kulit semangka mengandung likopen yang sangat baik untuk kesehatan.

Ternyata bagian putih pada kulit dalam semangka yang sering dibuang percuma, terdapat lebih banyak serat dan kalium dari pada bagian merahnya, serta mengandung zat citrulline asam amino dalam jumlah signifikan.

Manfaat Biji dan Kulit Semangka

Jadi, mengapa harus membuang kulit dan biji semangka? Manfaatkan bahan-bahan tersebut untuk hal-hal berikut ini.

1. Membuat kuaci biji semangka

Kuaci biji semangka tentu bukan hal asing buat pembaca yang pernah jadi bocah pada tahun 90-an, sebab banyak kuaci biji semangka dijual di warung-warung. Sayangnya, saat ini semangka yang dibudidayakan lebih banyak semangka tanpa biji. Padahal, biji semangka juga enak dikonsumsi.

Kumpulkan biji semangka, cuci bersih, lalu rendam sekitar 1 jam, jika memungkinkan dengan air kapur. Lalu jemur hingga kering. Selanjutnya, rebus dengan air garam, ditambah bawang putih secukupnya yang dimemarkan. Setelah itu, kita bisa mengoven hingga kering. Sediakan untuk putera-puteri Anda, mereka pasti senang.

2. Untuk membantu meningkatkan kekebalan tubuh dan membuat tubuh terhindar dari berbagai penyakit berat

Ambil segenggam biji semangka, bersihkan, lalu remuk hingga halus. Rebuslah dengan tiga gelas air, lalu saring dan minum airnya sehari segelas. Bisa ditambahkan dengan madu dan perasan jeruk nipis.

Rebusan biji semangka bisa bermanfaat di antaranya untuk mengontrol kadar gula pada darah, membantu menjaga kesehatan jantung, membuat kulit lebih halus, memperkuat akar rambut, membantu mengatur tekanan darah, memperkuat tulang, dan sebagainya.

3. Jus antioksidan

Ambil bagian putih dari kulit semangka bagian dalam. Jika memungkinkan, bisa dikunyah langsung. Karena rasanya hambar, kita bisa membuat jus dengan bahan bagian putih semangka, dicampur madu secukupnya serta perasan dari satu buah jeruk nipis. Itulah jus antioksidan yang sangat bermanfaat untuk kesehatan kita.

4. Dibuat Puding atau Jelly

Ambilah bagian putih dari kulit semangka, haluskan dengan blender. Lalu, campurlah dengan jelly atau agar-agar serta tambahan gula secukupnya, dan masak hingga matang. Jadilah kulit semangka ini makanan lezat yang sangat bermanfaat untuk kesehatan.

5. Perawatan Kulit

Ambilah bagian putih kulit semangka, lalu haluskan. Tambahkan dengan madu dan perasan jeruk nipis, lalu balurkan di kulit kita dan biarkan sekitar 15 menit. Lalu bilas habis.

(*)